Demi Meghan Markle Tak Seperti Putri Diana, Harry Mundur dari Kerajaan

Hestianingsih - wolipop Jumat, 10 Jan 2020 11:19 WIB
Meghan Markle dan Pangeran Harry. Foto: Getty Images
Jakarta - Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris membuat publik, termasuk pihak istana sendiri, terhenyak. Duke dan Duchess of Sussex nantinya melepas diri dari tugas-tugas resmi kerajaan dan membiayai hidup mereka sendiri.

Banyak spekulasi beredar seputar alasan kenapa Pangeran Harry dan Meghan Markle mengambil langkah kontroversial ini. Tidak sedikit yang berpendapat bahwa Meghan Markle yang mengawali kariernya sebagai bintang film dan serial televisi adalah dalang perpecahan antara Pangeran Harry dan keluarga Kerajaan Inggris.

Anggapan itu datang dari presenter kenamaan Piers Morgan, yang dia sampaikan lewat akun Twitter. "Orang bilang saya terlalu suka mengritik Meghan Markle, tapi dia membuang keluarganya, ayahnya dan sebagian besar teman-temannya. Lalu memisahkan Harry dari William dan kini dari keluarga Kerajaan," cuit Piers.



Meghan Markle dan Pangeran Harry.Meghan Markle dan Pangeran Harry. Foto: DANIEL LEAL-OLIVAS - WPA Pool/Getty Images


Spekulasi lain menyebut kalau keputusan itu juga dipicu oleh renggangnya hubungan Pangeran Harry dan Pangeran William. Perseteruan itu terindikasi ketika Pengeran Harry hengkang dari Kensington Palace. Pria 34 tahun ini juga memutuskan untuk pisah badan amal yang selama ini dikelola berdua.

Satu lagi spekulasi yang santer beredar, adalah kekhawatiran Pangeran Harry terhadap istri tercintanya. Banyak yang menilai kalau mantan tentara Inggris ini mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris karena ingin melindungi Meghan Markle.

Seperti diketahui, mantan bintang serial televisi 'Suits' itu kerap jadi sasaran bully dan rumor tidak sedap. Baik oleh media massa maupun netizen. Gerak-gerik hingga cara Meghan Markle menggendong anak dikomentari dan tak jarang mendapat komentar pedas. Meghan Markle hamil anak Pangeran Harry pada 2018 dan melahirkan bayi pertamanya pada 8 Mei 2019. Anak Meghan dan Pangeran Harry dinamai Archie Harrison Mountbatten-Windsor.



Meghan Markle dan Kate Middleton.Meghan Markle dan Kate Middleton. Foto: Getty Images


Meghan Markle juga dikabarkan tak akur dengan kakak iparnya, Kate Middleton. Bahkan rumor terbaru menyebutkan, Meghan tak diundang Kate Middleton di ulang tahunnya yang ke-38, 9 Januari 2020 kemarin.

Meghan Markle Senasib dengan Putri Diana

Pangeran Harry pun mengritik media yang seolah 'menyerang' istrinya dengan pemberitaan-pemberitaan provokatif. Perilaku yang sama, yang pernah mereka lakukan terhadap mendiang sang ibu, Putri Diana.

Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan saat Meghan Markle mengambil langkah hukum untuk menuntut Mail on Sunday, terkait bocornya surat tulisan tangan yang pernah ia kirimkan untuk ayahnya, Pangeran Harry mengungkapkan perasaannya. Dia menyatakan tidak ingin lagi hanya menjadi 'saksi bisu' atas penderitaan Meghan Markle. Meghan memang sempat dikabarkan berseteru dengan orangtuanya, yaitu ayahnya, Thomas Markle.

Anak Meghan Markle dan Pangeran Harry, Archie.Anak Meghan Markle dan Pangeran Harry, Archie. Foto: Toby Melville - Pool/Getty Images


"Saya sangat takut sejarah akan terulang kembali. Ada saatnya di mana yang bisa kita lakukan adalah melawan perilaku seperti ini, karena itu merusak hidup seseorang. Singkatnya, itu bentuk perundungan, yang membuat orang takut dan bungkam," tulis Harry, seperti dilansir The Guardian.

Dia melanjutkan, "Saya sudah kehilangan ibu saya dan sekarang saya menyaksikan istri saya menjadi korban dari kekuasaan yang sama."

Soal berbagai spekulasi yang muncul, Harry dan Meghan Markle memilih bungkam. Sebelumnya pada Rabu malam (8/01/2020), Pangeran Harry dan Meghan Markle lewat akun Instagram mereka @sussexroyal, menjelaskan keputusan mereka tak lagi menjadi anggota senior karena ingin mandiri secara finansial.

[Gambas:Instagram]


"Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota 'senior' dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Alasan lainnya juga karena Pangeran Harry dan Meghan Markle ingin membesarkan sang buah hati, Archie, dalam keberagaman kultur. Sebab disebutkan pula bahwa keduanya akan tinggal bergantian di Inggris dan Amerika Utara.

"Keseimbangan geografis ini akan memungkinkan kami untuk membesarkan anak kami dengan menghargai tradisi kerajaan sembari memberikan ruang gerak agar kami dapat fokus untuk langkah selanjutnya, termasuk peluncuran gerakan amal kami yang baru," tulis mereka.



Simak Video "Kate Middleton Kini Kerja Keras Bagai Kuda Usai Ditinggal Meghan"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/eny)