Keluar dari Keluarga Kerajaan, Bagaimana Harry dan Meghan Biayai Hidupnya?

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 09 Jan 2020 10:05 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris dan ingin hidup mandiri secara finansial. (Foto: DANIEL LEAL-OLIVAS - WPA Pool/Getty Images)
London - Pangeran Harry dan Meghan Markle menyatakan mundur sebagai anggota 'senior' keluarga Kerajaan Inggris dan ingin mandiri secara finansial. Lantas, bagaimana Duke dan Duchess of Sussex membiayai hidupnya?

Jika memang ingin hidup tanpa sokongan dana dari Kerajaan, Pangeran Harry dan Meghan Markle yang telah dikaruniai seorang anak itu berarti tidak akan lagi menerima uang tahunan yang diberikan Ratu Elizabeth II.


Keluar dari Keluarga Kerajaan, Bagaimana Harry dan Meghan Biayai Hidupnya?Ratu Elizabeth II bersama Meghan Markle, Pangeran Harry, Pangeran William dan Kate Middleton. (Foto: Paul Grover - WPA Pool/Getty Images)

Setiap tahun, Ratu Elizabeth II mendapat upah "Sovereign Grant" sebesar 82 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,4 triliun dari pajak rakyat. Dari dana tersebut, Ratu Elizabeth II mengalokasikan 5 juta pound sterling untuk Pangeran Harry dan kakaknya, Pangeran William.

Tidak diketahui pasti seberapa besar pembagiannya. Namun menurut Daily Mail, Pangeran William diyakini mendapat jatah yang lebih besar. Dengan demikian, dana untuk Pangeran Harry kurang-lebih sebesar 2 juta pound sterling atau sekitar Rp 36 miliar.


Keluar dari Keluarga Kerajaan, Bagaimana Harry dan Meghan Biayai Hidupnya?(Foto: Chris Allerton/Copyright SussexRoyal/Pool via REUTERS)

Sumber dana untuk Pangeran Harry juga datang dari ayahnya. Pangeran Charles diketahui memiliki aset 'Duchy of Cornwall' senilai 1,2 miliar pound sterling. Tahun lalu, Pangeran Charles memberikan 4,9 juta pound sterling untuk kedua anaknya dari dana tersebut.

Terlepas dari itu, Pangeran Harry dan Meghan Markle yang dulunya seorang aktris memiliki kekayaan tersendiri. Jika ditotal, nilainya mencapai 34 juta pound sterling atau Rp 617 miliar. Dana tersebut tentu bisa menjadi pegangan mereka selepas keluar dari keanggotaan keluarga Kerajaan Inggris.

Simak Video "Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Keluarga Kerajaan"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)