Istri Ahok Melahirkan, Ini Arti Nama Bayi Ahok dan Puput

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 06 Jan 2020 14:01 WIB
Arti nama anak Ahok, Yosafat Abimanyu Purnama. Foto: Dok Instagram
Jakarta - Istri Ahok, Puput Nastiti Devi melahirkan anak laki-laki pada Senin (6/1/2019) pagi di RSIA Bunda, Menteng Jakarta Pusat. Kabar Puput sudah melahirkan anak Ahok ini disampaikan Ketua DPP PDIP yang juga sahabat Ahok, Djarot Saiful Hidayat.

"Selamat dan berbahagia untuk Pak Ahok dan Ibu Puput atas kelahiran putranya yang pertama," kata Djarot Saiful Hidayat, Senin (6/1/2020).

Selain Djarot, mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf juga menyampaikan kabar mengenai anak Ahok yang sudah lahir. Melalui unggahan di Instagaram, Triawan memberikan ucapan selamat sekaligus mengungkapkan nama anak Ahok dan Puput.



"Selamat atas lahirnya "Yosafat Abimanyu Purnama" Selamat Pak BTP dan Bu Puput. Ada yang pergi, ada yang tiba di bumi ini," tulis Triawan dalam Instagram pribadinya.

Istri Ahok Melahirkan, Ini Arti Nama Bayi Ahok dan PuputPuput melahirkan anak Ahok pada Senin (6/1/2019). Foto: Instagram @fdphotography90


Yosafat Abimanyu Purnama menjadi nama bayi Ahok dan Puput yang baru dilahirkan. Ahok yang kini menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina itu sepertinya memadukan nama dari Alkitab dan bahasa Sansekerta untuk putra pertamanya dengan Puput.

Nama dari Alkitab yang digunakan Ahok untuk anaknya adalah Yosafat. Yosafat berasal dari Ibrani yaitu Yehoshafat yang berarti Tuhan Menghakimi. Dalam Alkitab, Yosafat dikenal sebagai Raja Yosafat, raja Yehuda atau Kerajaan Israel Selatan yang merupakan keturunan langsung dari Raja Daud. Menurut catatan Alkitab, Yosafat berumur 35 tahun pada waktu ia menjadi raja dan 25 tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem.

Sedangkan nama anak Ahok dan Puput yang menggunakan bahasa Sansekerta adalah Abimanyu. Abimanyu terdiri dari dua kata Sanskerta, yaitu abhi (berani) dan man'yu (tabiat). Dalam bahasa Sanskerta, kata Abhiman'yu berarti seseorang yang memiliki sifat tak kenal takut atau memiliki sifat kepahlawanan.

Istri Ahok Melahirkan, Ini Arti Nama Bayi Ahok dan PuputAhok dan Puput. Foto: Instagram @fdphotography90


Abimanyu juga dikenal sebagai salah satu tokoh dalam kisah Mahabharata. Abimanyu adalah putra Arjuna dan Subadra. Dia menjadi pahlawan yang tragis karena gugur dalam pertempuran besar di Kurukshetra sebagai salah satu kesatria termuda dari pihak Pandawa. Usianya saat gugur baru enam belas tahun.



Dan Purnama yang menjadi nama belakang anak Ahok dan Puput, tak lain berasal dari nama belakang Ahok sendiri, Basuki Tjahaja Purnama. Pria yang sebelumnya sudah memiliki tiga anak dari mantan istrinya Veronica Tan itu sebelumnya pernah mengungkapkan arti mendalam dari namanya.

"Setelah papa dikurung, pisah dengan mama, papa memasuki bab hidup berikutnya. Nama Ahok bagus, tapi kenapa enggak jadi Basuki, Basuki kan sukses, makmur, berhasil, cahaya purnama menerangi kegelapan. Maksudnya papa saya, supaya kamu berhasil menjadi terang yang sempurna bagi banyak orang, nama itu bagus kenapa harus diganti," terang pria yang ingin disapa dengan nama BTP itu di channel Youtube pribadinya Panggil Saya BTP.

Ahok menikah dengan Puput Nastiti Devi pada 25 Januari 2019. Pada Oktober 2019, Ahok dan Puput menggelar acara tujuh bulanan sebagai perayaan untuk menyambut kelahiran anak pertama mereka. Kini sang bayi yang diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama sudah lahir dengan berat 3,66 kg dan panjang 51 cm.

Selamat Ahok dan Puput atas kelahiran anak pertamanya.



Simak Video "Cantiknya Veronica Tan Datang ke Nikahan Kahiyang-Bobby"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)