Amber Liu Ungkap Beratnya Tuntutan Jadi Idol Wanita di Korea

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 04 Jan 2020 19:05 WIB
Amber Liu (Foto: Instagram/ajol_llama)
Seoul - Belakangan isu mengenai tekanan mental para idol Korea menjadi sorotan. Beberapa kasus idol bunuh diri pun semakin meyakinkan publik bahwa profesi ini datang dengan konsekuensi tidak ringan. Amber Liu yang pernah tergabung dalam grup f(x) pun mengakui bahwa ada tuntutan besar untuk tampil selalu sempurna sejak usia sangat muda.

Amber Liu buka suara untuk pertama kalinya mengenai industri KPop dalam program CBS This Morning. Wanita asal Amerika Serikat tersebut pun berbicara mengenai ekspektasi terhadap para idol Korea dan imej mereka yang dibentuk oleh agensi.


Amber LiuAmber Liu (Foto: Instagram/ajol_llama)

"Mulai di usia yang sangat muda dan diterjunkan dalam industri itu, kamu diberi tahu apa yang harus dilakukan, apa yang harus dikatakan, apa yang harus dipikirkan, harus terlihat seperti apa. Oke, beginilah seharusnya, aku harus melakukannya. Jika itu yang aku inginkan jika aku ingin mengejar mimpiku, jika aku ingin menjalani pekerjaan impian ini, aku harus melakukannya," kata Amber.

Wanita 28 tahun itu pun mengenang perjuangannya ketika ingin menjadi idol. Salah satunya adalah saat harus mengubah penampilan untuk memenuhi tuntutan sebagai idol yang cantik.

"Aku ingat aku dulu terlalu gelap, kulitku terlalu gelap dan aku harus mencerahkan kulitku. Aku kehilangan banyak berat badan. Aku menderita banyak gangguan makan," tutur Amber yang telah keluar dari SM Entertainment yang membawahi f(x) dan kini bersolo karier itu.

"Semua orang seperti, 'Hari ini kamu tidak makan, kan? Tidak, aku juga tidak makan,'. Itu mengerikan. Aku benar-benar melakukan beberapa (cara diet). Aku benar-benar merusak tubuhku. Untuk pria, benar-benar lebih relaks. Aku tahu mereka juga ada, pastinya ada banyak aturan untuk mereka," ujar rapper berpenampilan tomboy itu.

Ia juga mengungkit masalah operasi plastik. Amber mengakui jika ada tekanan untuk operasi karena hampir semua idol melakukannya. Hal ini membuat para idol selalu ingin memastikan bahwa penampilan mereka sempurna.

"Itu sesuatu yang benar-benar kita tidak bisa menangkan karena ketika aku berbicara dengan idol pria, mereka tidak pernah benar-benar khawatir dengan berat badan. Tapi untuk wanita, itu yang selalu kita bicarakan seperti 'Kita tidak bisa makan', 'Kamu sedang diet apa', 'Oh, aku mencoba prosedur ini, kamu mau coba?'. Itu menakutkan dan sangat tidak sehat," jelas Amber.


Amber Liu Ungkap Beratnya Tuntutan Jadi Idol Wanita di Korea(Foto: Instagram/ajol_llama)

Dalam wawancara, Amber pun mengungkap perbedaan antara pria dan wanita. Di dunia KPop bukan rahasia lagi bahwa untuk idol wanita bisa terkenal butuh pengakuan secara general. Sedangkan fandom (kelompok fans) yang kuat sudah cukup untuk seorang idol pria bertahan.

"Aku tidak bisa mengelak adanya perbedaan besar antara idol tingkat idol pria dan wanita di industri KPop. Ada bercandaan bahwa untuk wanita, kamu harus populer di publik secara umum sedangkan untuk pria kamu butuh fandom, fandom yang sangat besar, dan kamu harus mencuri hati semua fans. Aku tidak berbicara untuk semua orang tapi ada perbedaan besar," katanya.

Simak Video "Berangkat ke Jakarta, Begini Fashion Airport Member BLACKPINK"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)