Kisah Bucin KPop

Ini Biaya yang Dikeluarkan Bucin KPop untuk Konser dan Fansign di Korea

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 30 Des 2019 07:34 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Nonton konser di Korea tentu menjadi salah satu impian bagi para bucin KPop. Korea yang merupakan rumah para idol dikatakan punya 'crowd' yang berbeda. Konser pun semakin seru dengan ramainya 'fanchant' dan 'lightstick' yang warnanya bisa berubah-ubah karena terkoordinasi.

Begitu juga 'fansign' di mana para penggemar bisa langsung berhadapan dengan idol-nya. Namun bukan rahasia lagi jika keduanya butuh uang tak sedikit. Berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa nonton konser dan ikut fansign idol di Korea?

[Gambas:Instagram]

Orchidia Desinta atau yang dikenal sebagai Cindy Noona sudah mencicip nonton konser EXO di 10 negara, tentu termasuk Korea. Ia pun mengaku hampir selalu membeli tiket dari calo karena tiket konser EXO sulit didapat dan selalu hampir sold out bahkan dalam hitungan detik. Ia pun membagi berapa kisaran biaya yang dikeluarkan untuk nonton konser di Korea.

"Kayaknya puluhan atau ratusan (juta). Kan tiket pesawat hotel itu beda-beda, kalau (tiket pesawat) PP Rp 6-7 juta. Tiket konsernya range harganya Rp 4-16 juta. Kalau aku kan pakai yang global package Rp 16 jutaan/satu tiket konser. Pokoknya kalau di luar negeri itu tiket konser Rp 4-6 juta. Itu tiket dari calo ya bukan dari aslinya selalu sold out. Selalu beli di reseller-nya gitu," ungkap Cindy kepada Wolipop.

Sebenarnya harga tiket konser di Korea tidaklah terlalu mahal bahkan bisa lebih murah dari di Indonesia. Tak jarang tiket dijual dengan harga yang sama yakni kurang lebih Rp 2 jutaan. Namun persaingan para fans lah yang membuat tiket sulit didapat. Hal tersebut juga menjadi peluang bagi para calo yang bisa menjual ulang tiket dengan harga dua kali hingga lima kali lipat.

[Gambas:Instagram]

"Kalau uang yang harus disiapkan (untuk nonton konser ke Korea) tergantung kebutuhan masing-masing. Tapi kalau mau aman sih minimal Rp 12 juta sudah termasuk tiket PP, tiket konser, akomodasi, dll. Tapi itu pun kalau tiket konsernya beli resmi di website, kalau nggak dapat ya siap-siap keluar budget lebih," kata Glenys Emmanuella, seorang fans BTS kepada Wolipop.

Selain konser, tentu fansign juga menjadi pengalaman yang menarik karena bisa berhadapan langsung dengan para idola. Saat fansign, fans pun bisa meminta tanda tangan langsung dari para member sekaligus mengobrol dan tak jarang bersentuhan. Fansign umumnya menjadi bagian dari hobi KPop paling mahal. Itu dikarenakan para fans, terutama untuk grup-grup besar, harus berlomba membeli album demi mendapatkan kesempatan fansign.

[Gambas:Instagram]

Dengan beli album lebih banyak umumnya kesempatan untuk dapat fansign juga lebih tinggi. Biaya yang dikeluarkan untuk fansign umumnya memang beragam, tergantung persaingan para fans dan keberuntungan masing-masing. Dalam beberapa kasus penggemar bahkan membeli puluhan bahkan ratusan album tapi kurang beruntung untuk dapat fansign.

Para fans pun sedikit berhati-hati dalam mengungkap berapa uang yang mereka habiskan. Namun seorang fans TXT, Shabrina, mengungkap perkiraannya. "Untuk fansign TXT nggak ada kriteria harus beli album berapa dan bukan top spender juga yang bakal menang jadi tergantung luck dan fansign kemarin ya ada yang sampai beli puluhan dan ratusan album untuk masuk.

"Ya kira-kira (untuk biaya yang dikeluarkan) ada yang sampai belasan juta, ada juga yang bisa sampai puluhan juta lebih. Again kalau untuk angka sih relatif ya, aku pun juga nggak pernah nanya ke fans lain berapa nominal uang yang mereka keluarkan jadi aku nggak bisa mewakili, tapi aku cukup tau ada yang ampe belasan dan puluhan juta," katanya.




Simak Video "Gaya BTS hingga Ariana Grande di Red Carpet Grammy Awards 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)