Duka Rihanna untuk Model Difabel Mama Cax yang Meninggal di Usia 30

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 22 Des 2019 16:02 WIB
Mama Cax (Foto: dok. Getty Images)
Jakarta - Mama Cax, model difabel yang juga aktivis fashion inklusif, meninggal di usia 30 tahun. Kabar tersebut meninggalkan duka yang mendalam bagi Rihanna.

Berita duka itu diumumkan keluarga Mama Cax di Instagram-nya, Sabtu (21/12/2019). "Mama Cax harus dirawat di rumah sakit seminggu terakhir ini, tapi sayang, dia mengembuskan napas terakhir pada Senin, 16 Desember 2019," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Model difabel & aktivis fashion inklusif Mama Cax meninggal duniaModel difabel & aktivis fashion inklusif Mama Cax meninggal dunia Foto: dok. Getty Images


Dikabarkan BBC, Mama Cax yang bernama asli Cacsmy Brutus itu tutup usia setelah jatuh sakit saat mengunjungi London, Inggris. Tiga hari sebelumnya, ia sempat mengunggah foto karangan bunga untuknya dengan latar kota London.


"Ketika di London, perut saya tiba-tiba terasa sakit sekali dan saya harus dilarikan ke unit gawat darurat. Saya disebut mengalami radang dan dipulangkan ke hotel dengan obat-obatan penghilang rasa sakit," tulis model berdarah Haiti-Amerika itu.

Mama Cax merupakan seorang penyintas kanker. Di usia 14 tahun, kaki kanannya terpaksa diamputasi akibat kanker tulang yang dideritanya.

Mama Cax mulai tenar berkat blognya yang berisi kisah hidupnya sebagai seorang difabel, disertai tulisan-tulisannya tentang gaya hidup seperti fashion dan travel.

Gayanya yang unik - dengan kaki prostetik penuh dekorasi nyentrik - semakin menjadikan Mama Cox sorotan. Popularitas itu lalu ia manfaatkan untuk mempromosikan inklusivitas di industri fashion.

Model difabel & aktivis fashion inklusif Mama Cax meninggal duniaModel difabel & aktivis fashion inklusif Mama Cax meninggal dunia Foto: dok. Getty Images


"Saya sadar ketika mau menunjukkan kaki prostetik saya dan menjadikannya sebagai identitas diri dan gaya berbusana, itu merefleksikan siapa diri saya, lalu cara saya berhubungan dengan orang lain juga berubah," kata Mama Cax kepada MSNBC.

Beberapa brand ternama pernah menjadikan Mama Cax sebagai salah satu bintang iklannya. Sebut saja Tommy Hilfiger dan Sephora. Februari lalu, ia juga sempat berjalan di catwalk New York Fashion Week.

Bahkan, Rihanna turut menjadikan sosok inspiratif itu sebagai salah satu model untuk fashion show Savage x Fenty Oktober ini. Kepergian Mama Cax lantas membuat penyanyi yang juga pebisnis itu terpukul.

"Seorang ratu, seorang pejuang, seorang sosok inspiratif yang membawa kekuatannya di panggung @savagexfenty tahun ini dan telah menginspirasi dunia. Rest in Power sis @mama_cax," tulis Rihanna di Twitter.




Simak Video "Rihanna Kaget Lihat Gadis Kecil yang Disebut ''Kembarannya''"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/kik)