Nggak Ada di KBBI, Ini Arti Kata Julid yang Beredar di Media Sosial

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 11 Sep 2019 12:51 WIB
Ilustrasi wanita yang sering julid. Foto: Dok. iStock Ilustrasi wanita yang sering julid. Foto: Dok. iStock

Jakarta - Julid jadi kata yang kini sering muncul di media sosial. Tidak banyak orang tahu apa sebenarnya arti kata ini.

Istilah julid populer setelah penyanyi Syahrini sering mengucapkannya untuk mengomentari netizen yang mengomentari penampilan mewahnya. Kerap bepergian ke berbagai negara, menenteng tas Hermes miliaran hingga naik pesawat jet pribadi, netizen pun memberikan komentar tidak sedap pada isti Reino Barack tersebut.

Dan Syahrini memberikan istilah julid pada para netizen tersebut. Rupanya kata julid yang disebut Syahrini diambil dari bahasa Sunda yaitu binjulid yang berarti iri atau dengki.


Syahrini sampai memasukkan kata julid ini dalam lirik salah satu lagunya Gubrak Gubrak Gubrak Jeng Jeng Jeng yang dirilis pada 2018. "Anda jangan julid," begitu kata-kata yang dilantunkannya di lagu tersebut.

Seperti Syahrini, yang menjadi sasaran julid biasanya memang publik figur hingga pejabat. Pengguna media sosial julid pada kekayaan atau pencapaian dari orang-orang tersebut.

Kata binjulid atau julid ini sebenarnya tidak pernah ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Hanya saja untuk kata Iri, tertulis di KBBI berarti: kurang senang melihat kelebihan orang lain (beruntung dan sebagainya); cemburu; sirik.

Jadi apakah kamu termasuk orang yang julid? Ciri-ciri orang yang julid adalah sering mengomentari urusan atau kehidupan orang lain dalam konotasi pembicaraan yang negatif. Berikut kategori orang yang termasuk julid:

1. Senang bergosip dan membicarakan orang lain.
Biasanya orang julid senang membicarakan hal yang tidak penting dan suka bergosip.

2. Suka ikut campur.
Buat yang suka julid biasanya malah sering mengutamakan urusan orang lain dan suka ikut campur dengan memberikan komentar.

3. Tidak suka berkomentar langsung, hanya lewat media sosial.
Instagram publik figur biasanya yang jadi sasaran julid warga net. Netizen memberikan komentar julid namun saat bertemu langsung dengan sang artis, malah meminta foto bersama atau hanya diam saja.

5. Maha Benar
Warga net yang julid umumnya tidak mau disalahkan dalam berkomentar atau sering dijuluki netizen maha benar.



Simak Video "Sold Out! Mukena Syahrini Dicari Orang Malaysia dan Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)