Kecanduan Cerita Horor

Ini Jenis Cerita Horor yang Banyak Disukai Orang Indonesia

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 07 Sep 2019 12:18 WIB
Ilustrasi cerita horor. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sejak dulu hingga kini cerita horor diminati orang Indonesia. Jika dulu orang-orang penasaran dengan tayangan horor dan penampakan dalam berbagai acara uji nyali di televisi, kini ajang uji nyali itu beralih ke media sosial. Konten horor hadir di berbagai platform media sosial mulai dari Twitter, YouTube, Instagram hingga Podcast.

Dari banyak konten horor yang menghiasi media sosial, kisah mistis apa yang disukai orang Indonesia? Wolipop pun berbincang dengan dua kreator konten horor yaitu Kisah Tanah Jawa dan Do You See What I See.

Ini Jenis Cerita Horor yang Banyak Disukai Orang IndonesiaIlustrasi cerita horor. (Foto: iStock)

Deinan Silmy, Head Creator Kisah Tanah Jawa, mengungkapkan, cerita horor yang paling banyak peminatnya berdasarkan konten-konten dari Kisah Tanah Jawa adalah ketika kisah tersebut mempunyai kedekatan dengan masyarakat.

"Biasanya cerita yang dekat dengan masyarakat, kayak penglaris makanan. Atau yang agak sejarah itu. Misalnya benar nggak sih zaman Belanda itu banyak orang yang dibunuh dan disiksa dan dimasukin ke sumur dan kerja rodi. Tempatnya di suatu benteng di Ngawi dan tempatnya jadi mistis. Jadi memang cerita yang dekat masyarakat. Seperti Monumen Kresek di Madiun pembantaian PKI dulu rekontruksi kejadiannya seperti apa. Itu lalu direkontruksi melalui sketsa tim Kisah Tanah Jawa," kata Silmy saat berbincang dengan Wolipop, Rabu (4/9/2019).

Sementara itu menurut Rizky Ardi Nugroho kreator Podcast Do You See What I See cerita horor yang menarik perhatian orang Indonesia tergantung dari pengemasan konten tersebut. Pada Podcastnya, kisah horor yang banyak didengarkan ketika sang narator atau orang yang bercerita memiliki kemampuan bercerita yang menarik.

"Yang pertama dari sisi naratornya, kalau story teller-nya bagus mostly diikuti banyak orang," kata pria yang dikenal dengan nama mizter popo itu saat ditemui Wolipop di kawasan Tanah Kusir, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ini Jenis Cerita Horor yang Banyak Disukai Orang IndonesiaFoto: iStock

Selain itu kata Rizky, kisah horor yang dibuat berseri juga memiliki banyak penggemar. "Orang-orang di channel saya pasti nyarinya yang series. Dan tidak lama langsung menjadi viral," ujarnya.

"Yang kedua adalah cerita tematik. Kayak cerita tentang gunung, Gunung Gede, Rinjani, itu pasti ramai. Lalu cerita drama, seperti drama keluarga, percintaan dan masih banyak lagi," tambah pria yang populer setelah muncul di YouTube Raditya Dika dengan video berjudul PARANORMAL EXPERIENCE: RUMAH TERSERAM JOGJA itu.

Rizky mengaku dalam setiap menyajikan kisah horor di Podcast Do You See What I See dia tidak hanya sekadar menyajikan cerita seram. Dia juga menyisipkan pesan moral dan agama di setiap podcastnya.

[Gambas:Instagram]

"Saya kepengen genre horor itu juga bisa dinikmati segala usia dengan rules yang saya buat dari sisi moral dan agama agar aman dikonsumsi untuk anak-anak. Jadi horor itu tidak selalu mengajarkan yang klenik. Tapi ada juga pelajaran dan ada value juga yang saya sisipkan disetiap cerita," jelas Rizky.

Rizky Ardi Nugroho, pria di balik podcast horor 'Do You See What I See'.Rizky Ardi Nugroho, pria di balik podcast horor 'Do You See What I See'. (Foto: Gresnia Arela/Wolipop)


Simak Video "Tips dan Trik Bikin Podcast yang Seru"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)
DRoofTalk
×
Gaduh Kerajaan Galuh
Gaduh Kerajaan Galuh Selengkapnya