Kontroversi Jet Pribadi Pangeran Harry dan Meghan Markle, Ini Fakta Barunya

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 20 Agu 2019 12:49 WIB
Pangeran Harry dan Elton John. (Foto: Getty Images) Pangeran Harry dan Elton John. (Foto: Getty Images)

London -

Pemakaian jet pribadi oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle saat liburan mengundang kontroversi karena dinilai tak ramah lingkungan. Elton John pun angkat bicara. Ia mengaku dirinya lah yang membiayai jet pribadi tersebut.

Penyanyi kondang tersebut merasa perlu untuk memberi klarifikasi karena pemberitaan media Inggris sudah sangat memojokkan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Apalagi, mereka sudah seperti keluarga buatnya.


Elton John menyalami Meghan Markle saat premier 'The Lion King' di London beberapa waktu lalu.Elton John menyalami Meghan Markle saat premier 'The Lion King' di London beberapa waktu lalu. (Foto: Getty Images)

"Ibu Pangeran Harry, Putri Diana dari Wales, adalah salah satu sahabat saya. Maka saya memiliki kewajiban untuk melindungi Harry dan keluarganya dari gangguan pers yang juga berkontribusi pada kematian Diana," tulis Elton di Instagram, Selasa (20/8/2019).

Ia lalu mengatakan, Pangeran Harry dan Meghan Markle bersama putra mereka, Archie, datang ke Nice, Prancis selatan, atas undangannya. Ajakan tersebut sebagai bentuk apresiasi Elton terhadap kerja keras mereka untuk isu sosial dan lingkungan.

Oleh karena itu, lanjutnya, semua biaya akomodasi ditanggungnya, termasuk jet pribadi. "Untuk memberikan keamanan yang maksimal, kami menyediakan jet pribadi," ungkap pencipta lagu 'Can You Feel the Love Tonight' dari film 'Lion King' itu.


Elton John di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle tahun lalu.Elton John di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle tahun lalu. (Foto: Getty Images)

Elton menambahkan, dirinya sangat memahami komitmen Pangeran Harry dalam menjaga lingkungan. Maka, ia pun memastikan bahwa pesawat tersebut netral dari karbon. "Caranya dengan memberikan sumbangan kepada Carbon Footprint," ujarnya.

Foto-foto hasil bidikan paparazzi pada Rabu (14/8/2019) memperlihatkan mereka turun dari jet kecil Cessna Citation Sovereign setiba di bandara Nice. Menurut Daily Mail, perjalanan mereka dari Inggris ke Prancis itu diperkirakan meninggalkan jejak karbon per orang tujuh kali lebih banyak ketimbang pesawat komersial.

"Ini cukup mengejutkan karena tidak sesuai dengan pencitraan mereka ke publik dan bagaimana mereka mengkhawatirkan planet ini dan lingkungan," kritik Teresa Pearce, anggota parlemen Inggris dari Partai Buruh.

Mantan pengawal Putri Diana, Ken Wharfe, bahkan menyebut keduanya 'munafik'. "Sejujurnya, ini sangat hipokrit. Harry tak pantas berceramah tentang dampak buruk dari perubahan iklim sementara ia pergi keliling dunia dengan jet pribadi," katanya.





Simak Video "Ini Nama Anak Pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)