Haha Ungkap Kisah Sedih Semua Member Running Man Pernah Cedera Tulang Leher

Hestianingsih - wolipop Selasa, 28 Mei 2019 14:49 WIB
Running Man. Foto: istimewa Running Man. Foto: istimewa

Seoul - Running Man jadi salah satu variety show terlaris di Korea Selatan, penggemarnya pun banyak secara internasional, termasuk Indonesia. Acara berbasis kompetisi dan tantangan ini menjadi tontonan menarik karena bisa memacu adrenalin siapa pun yang melihatnya. Belum lagi, tingkah para bintangnya yang selalu mengundang gelak tawa.

Tapi di balik acara sangat menghibur itu, ada harga yang harus dibayar Kim Jongkook, Haha, Song Ji Hyo, Yoo Jaek Sun, Ji Suk Jin dan Lee Kwang Soo. Sepuluh tahun 'berlari' untuk Running Man, Haha mengungkap kalau semua member-nya pernah mengalami masalah tulang belakang.

Haha yang merupakan salah satu personel lama di Running Man mengatakan kalau tak ada satu pun dari mereka yang sehat secara fisik. Bahkan Jongkook, yang dikenal dengan tubuh atletis dan dijuluki 'Tiger'.


Haha Ungkap Kisah Sedih Semua Member Running Man Pernah Cedera Tulang LeherMember Running Man saat berkunjung ke Indonesia. Foto: Atmi Ahsani Yusron

Saat menjadi bintang tamu di channel video YouTuber, Korean Englishman, Haha membuka rahasia kelam yang dialami para member Running Man. Dia mengaku selama syuting Running Man yang banyak melibatkan aktivitas fisik, banyak kesulitan yang harus dihadapi.

"Tidak ada satu pun member yang belum pernah menderita herniated disc selama berada di acara itu. Jongkook yang pertama kali mengalami cedera itu, lalu Jaesuk, dan Kwangsoo juga," ujar Haha dalam video, seperti dilansir Koreaboo.

Pria dengan nama asli Ha Dong Hoon ini juga mengatakan bahwa setiap anggota Running Man pernah menjalani operasi pada piringan tulang belakang mereka.

"Tidak ada yang normal. Kami harus rehab untuk itu, tapi tidak punya cukup waktu untuk melakukannya," tuturnya.

Herniated disc merupakan kondisi di mana bantalan lunak yang berada di antara ruas tulang belakang mencuat keluar sehingga menekan saraf di sekitarnya. Kondisi ini rentan dialami lanjut usia, atau mereka yang sering melakukan gerakan mendadak dan mengangkat beban berat.
Haha Ungkap Kisah Sedih Semua Member Running Man Pernah Cedera Tulang LeherMember original Running Man; Lee Kwang Soo, Song Ji Hyo, Jongkook, Haha, Ji Suk Jin dan Yoo Jae Sook. Foto: SBS Running Man Official Instagram


Dikutip dari detikhealth, gejala yang bisa muncul saat herniated disc terjadi adalah nyeri leher, karena bantalan tersebut menekan akar saraf di leher. Kemudian mati rasa atau kesemutan yang terjadi di leher atau lengan yang bisa menjalar ke jari, kemudian tangan atau lengan terasa lemas.

Setiap minggunya, anggota Running Man harus menyelesaikan misi yang menuntut ketahanan dan kekuatan fisik. Aktivitas itu juga diwarnai dengan humor slapstick maupun sindiran antar para member dan bintang tamu.

Meskipun mengeluhkan kondisi fisiknya saat bermain di acara besutan SBS itu, Haha tetap mengalami momen bahagia dan menyenangkan. Hubungan antara para member jadi terjalin akrab seperti saudara.

"Setelah 10 tahun syuting bersama, kami jadi sahabat baik. Pertemanan kami yang paling dekat," pungkas pria 39 tahun ini. (hst/hst)