Wajar Terjadi, Ini Sebab Perut Meghan Markle Masih Besar Pasca Melahirkan

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 09 Mei 2019 04:30 WIB
Pangeran Harry, Meghan Markle dan bayi mereka. Foto: Getty Images Pangeran Harry, Meghan Markle dan bayi mereka. Foto: Getty Images

Jakarta - Penampilan Meghan Markle pada foto perdananya setelah melahirkan menjadi sorotan. Yang paling mencolok dan jadi pertanyaan netizen, kenapa perut Meghan besar seperti masih hamil. Pertanyaan ini umumnya diajukan mereka yang belum pernah melahirkan atau tidak 'bersentuhan' langsung dengan wanita yang sudah menjadi ibu. Sedangkan bagi para wanita yang sudah pernah melahirkan, melihat perut besar Meghan Markle di foto perdananya bersama Pangeran Harry dan bayinya, menganggap hal tersebut sebagai sebuah kewajaran.

Meghan pun bukan putri Kerajaan Inggris pertama yang perutnya pasca melahirkan jadi sorotan. Kate Middleton yang sudah tiga kali melahirkan pewaris kerajaan pernah mengalami hal serupa. Saat berpose di tangga Rumah Sakit St. Mary setelah melahirkan Pangeran Louis, Putri Charlotte dan Pangeran George, Kate yang langsung keluar rumah sakit sehari setelah persalinan, tampil dengan dress yang memperlihatkan perutnya masih buncit.

Perut Meghan dan Kate yang masih tampak hamil setelah melahirkan ini nyatanya sebuah hal wajar terjadi dialami setiap wanita pasca persalinan. Seperti dikutip Baby Center, ibu yang baru melahirkan tidak perlu mengkhawatirkan kondisi tersebut karena memang butuh waktu bagi tubuh terutama perut untuk benar-benar kembali pada bentuk asalnya. Kenapa demikian?



Foto perdana Pangeran Harry, Meghan Markle dan bayi mereka.Foto perdana Pangeran Harry, Meghan Markle dan bayi mereka. Foto: Getty Images


Saat bayi lahir, perubahan hormon menyebabkan rahim sulit untuk menyusut kembali pada ukuran pra-kehamilan. Dibutuhkan enam hingga delapan minggu untuk mengembalikan rahim wanita ke ukuran semula. Kabar baiknya, stretch mark yang timbul pra-kehamilan biasanya akan memudar dari enam sampai 12 bulan setelah melahirkan. Pigmentasi akan terjadi lebih mudah dan biasanya permukaannya menjadi lebih ringan dari kulit di sekitarnya, tapi teksturnya tetap sama.

Video: Ini Nama Anak Pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle

[Gambas:Video 20detik]



Kapan Bentuk Perut Kembali Normal?

Walaupun tak sedikit wanita pasca melahirkan bisa kembali mendapatkan bentuk badannya seperti sebelum hamil setelah melahirkan, para ibu tak perlu risau. Pada dasarnya wanita membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk kembali kepada bentuk ideal tubuhnya.

Kesabaran adalah kuncinya, perut memerlukan sembilan bulan perenggangan untuk menampung buah hati, jadi masuk akal bila untuk mengencangkan kembali bentuk perut diperlukan waktu berbulan-bulan. Kecepatan dan tingkat transisi ini tergantung pada gen, ukuran tubuh normal wanita, berapa banyak kenaikan berat badan yang terjadi selama kehamilan dan seberapa aktif si ibu.


(eny/eny)