YouTuber Pura-pura Eksis di Coachella, Buktikan Media Sosial Hanya Tipuan

Alissa Safiera - wolipop Kamis, 25 Apr 2019 17:34 WIB
Foto: Instagram/@tbhbyron Foto: Instagram/@tbhbyron

Jakarta - Festival musik Coachella boleh dibilang sebagai ajang eksisnya para milenial. Bukan saja soal musisi ternama yang tampil di atas panggung, mereka yang menghadiri Coachella akan terkesan keren di media sosial.

Dibanding pelesir jauh untuk sampai ke Coachella, seorang YouTuber punya ide berbeda. Namanya adalah Byron Denton asal Inggris yang 'membuat sendiri' Coachella di fotonya.

Byron di Instagramnya mengunggah foto dirinya di Coachella. Mulai dari makan semangka sampai OOTD khas festival.

YouTuber Pura-pura Eksis di Coachella, Buktikan Media Sosial Hanya TipuanFoto: Instagram @tbhybyron

Tapi kenyataannya, Byron tidak benar-benar ke Coachella. Dia hanya mengandalkan 'keajaiban' Photoshop.

"Awalnya aku memalsukan gaya hidup mewah di Instagram, aku dikejutkan dengan komentar mereka, betapa mudahnya memalsukan seluruh kehidupan online. Jadi aku memutuskan membuat bagian dua, kali ini sedikit lebih besar! Aku sadar para influencer bisa terlihat 'sukses' di Instagram dengan menghadiri festival Coachella. Aku memutuskan ini akan menjadi waktu yang tepat untuk ikut serta...yah dengan bantuan Photoshop tentu saja!" ujar Byron kepada Bored Panda.
YouTuber Pura-pura Eksis di Coachella, Buktikan Media Sosial Hanya TipuanFoto: Instagram @tbhybyron

Saat ia mengunggah foto prank di Coachella, Byron tak menghubungi teman-temannya sama sekali, seolah dia sedang berada di sana. Teman dan keluarganya pun percaya dan ikut berkomentar di Instagram atau mengirim pesan pribadi padanya.

Benar saja, dua foto Byron di Coachella mendapat like terbanyak dari foto lainnya. Pertama 13 ribu like, dan yang kedua 15 ribu.

"Fotoku di Coachella mendapat 10 ribu likes dalam 3 jam dan itu terus naik," lanjutnya.

Byron mengingatkan sekali lagi untuk tidak langsung percaya dengan apa yang terlihat di media sosial. Sebelumnya, ia juga membuat editan foto seolah menjalani hidup mewah sebagai influence, dari naik jet pribadi hingga berbelanja di toko high-end.
YouTuber Pura-pura Eksis di Coachella, Buktikan Media Sosial Hanya TipuanFoto: Instagram/@tbhbyron

"Hal terakhir yang ingin aku bagikan tentang seluruh pengalaman ini adalah betapa mudahnya memalsukan gaya hidup online. Aku bukan jenius Photoshop, aku tidak memiliki banyak pengalaman bagaimana media sosial bekerja, yang berarti hampir semua orang dengan ponsel dapat menggambarkan kehidupan yang mungkin tidak selalu nyata," tutupnya. (asf/asf)