Bikin Heboh, Wanita yang Ngaku Anak Miliuner Ternyata Menipu Hingga Rp 4 M

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 28 Mar 2019 12:15 WIB
Anna Sorokin mengaku-ngaku anak miliuner dengan nama Anna Delvey. Foto: dok. Instagram (@theannedelvey)
New York - Sosok Anna Sorokin tengah jadi sorotan di Amerika Serikat. Namanya berada di dalam daftar pencarian populer di internet karena kasus kontroversialnya.

Anna saat ini tengah menjalani persidangan kasusnya di New York. Dia didakwa atas kasus penipuan sejumlah orang yang angkanya mencapai US$ 275 ribu atau sekitar Rp 4 miliar. Anna berhasil menipu orang-orang tajir di New York dengan pengakuannya sebagai anak miliuner Jerman.

Memakai nama baru Anna Delvey, wanita 28 tahun itu menipu banyak kaum elite sehingga ia sangat mudah hidup di New York mesti tak punya tempat tinggal tetap. Anna pindah dari satu hotel ke hotel lainnya atau menempati apartemen-apartemen mewah dari teman-teman orang kayanya.

Saat menjalankan aksi penipuannya, Anna tampak meyakinkan. Ia layaknya anak orang kaya pada umumnya yang bergaya hedon dengan memakai busana dari merek high end.



Bikin Heboh, Wanita yang Ngaku Anak Miliuner Ternyata Menipu Hingga Rp 4 MAnna Sorokin mengaku-ngaku anak miliuner dengan nama Anna Delvey. Foto: dok. Instagram (@theannadelvey)


Punya wajah imut dengan tampang lugu dan pembawaan yang ceria membuat Anna sangat mudah diterima oleh sosial. Ia pun terlihat sangat loyal. Agar meyakinkan teman-teman kayanya, dia sering mengadakan pesta hingga tak ragu memberikan tip ke petugas hotel sampai US$ 100 (Rp 1,4 juta).

Perjalanannya berpura-pura menjadi anak miliuner berakhir ketika dia ditangkap pada 2017. Dalam persidangan, jaksa penuntut umum mengungkapkan salah satu kejahatan yang dilakukannya.

"Dia melakukan penipuan dengan mengaku menjadi pewaris kaya dari Jerman dengan kekayaan mencapai US$ 60 juta yang ditaruhnya di luar negeri," ujar jaksa Catherine McCaw seperti dikutip ABC News.

Dengan pengakuan memiliki kekayaan di luar negeri itu lah, Anna memperdayai teman-teman kayanya. Dia kadang mengaku kesulitan memindahkan asetnya tersebut dari luar negeri ke Amerika Serikat.

"Yang dilakukannya seperti trik sulap. Aku malu mengatakan bahwa aku adalah salah satu korbannya," kata Rachel Williams, wanita yang pernah menjadi teman Anna saat mereka berpergian ke Maroko, seperti dikutip Vanity Fair.

Dalam persidangan Rabu (26/3/2019), Anna melalui pengacaranya mengaku dirinya tidak bermaksud melakukan penipuan. "Dia tergoda dengan gaya hidup glamour. Anna harus terus berpura-pura," kata pengacaranya Todd Spodek.

Kini penipuan Anna sudah berakhir. Wanita yang berasal dari Rusia itu sudah dipenjara dan terancam dideportasi karena visanya kedaluwarsa.

Kisah Anna yang begitu menarik atensi di Amerika Serikat ini membuat Shonda Rhimes, wanita di balik sukses serial Scandal dan Grey's Anatomy ingin mengangkatnya ke film. Kabarnya Shonda sedang mengembangkan cerita Anna ini dan akan ditayangkan di Netflix.




Tonton juga video Selain Kylie Jenner, Ini Deretan Wanita yang Jadi Miliuner Berkat Lipstik:

[Gambas:Video 20detik]


Bikin Heboh, Wanita yang Ngaku Anak Miliuner Ternyata Menipu Hingga Rp 4 M
(eny/eny)