Istri Mensos Loemongga Haoemasan Ungkap Tips Sukses di Karier dan Keluarga

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 06 Mar 2019 16:36 WIB
Foto: Instagram @loemongga Foto: Instagram @loemongga

Jakarta - Punya kehidupan yang seimbang antara pekerjaan dan rumah tangga menjadi impian banyak wanita. Istri Menteri Sosial Loemongga Haoemasan pun menjadi salah satu yang dianggap sukses di keduanya. Loemongga adalah ibu dari tiga orang anak yang juga merupakan Presiden Direktur PT Asiana Lintas Cipta dan founder KEP Media Production House. Wanita cantik tersebut pun membagi tips suksesnya dalam mengurus keluarga dan bisnis.

Loemongga punya banyak kesibukan. Mantan model dan presenter tersebut pun harus menyeimbangkan waktu antara mengurus anak, memimpin perusahaan, hingga menemani sang suami Agus Gumiwang bertugas. Karena itu, manajemen waktu menjadi sesuatu yang diusahakan Loemongga untuk sukses dalam karier dan keluarga. Begitu dengan menjaga komunikasi dengan anak-anak.

"Sabtu-Minggu harus sama anak-anak dan aktif berkomunikasi dengan anak-anak. Kalau zaman sekarang orangtua harus seperti mentor sama anak. Jadi, kita ajak ngobrol, kalau mereka punya pendapat kita dengarkan, kita mintakan saran.

Istri Mensos Loemongga Haoemasan Ungkap Tips Sukses di Karier dan Keluarga Foto: Instagram @loemongga
"Membangun komunikasi yang baik dengan keluarga menurut saya adalah kunci keluarga sukses. Membangun kedekatan dan kemesraan dengan anak-anak," kata Loemongga dalam acara Dove Zona Kuat, Kota Kasablanka, beberapa waktu lalu.

Membangun komunikasi dengan anak menjadi hal yang penting bagi Loemongga. Tak hanya mengajak berbicara atau minta pendapat, ia bahkan mulai membagi masalahnya untuk didiskusikan dengan mereka. Hal tersebut juga menjadi salah satu caranya untuk membagi pembelajaran hidup.

Baca Juga: Cantiknya Loemongga Haoemasan, Istri Mensos Baru yang Mencuri Perhatian

"Ke anak yang kecil saya nggak share mengenai pekerjaan tapi kalau ke anak yang besar saya mulai share masalah kehidupan kerja. Mengenai jatuh bangun dan tekanannya (untuk menunjukkan) betapa sulitnya cari uang jadi dia juga harus pandai-pandai hemat dan harus dipikirkan semua nggak bisa langsung ada. Tapi harus dengan example, kita nggak bisa ceramah," ungkap Loemongga.

Istri Mensos Loemongga Haoemasan Ungkap Tips Sukses di Karier dan Keluarga Foto: Istimewa @loemongga
Perannya sebagai istri Menteri Sosial pun dinilai Loemongga sebagai sesuatu yang membuat hidupnya lebih berwarna. Namun kesibukan baru tersebut juga membuatnya harus lebih atentif dengan para pegawai di kantor. Merangkul para pekerja pun menjadi salah satu cara mantan 'Gadis Sampul' itu memimpin perusahaan.

"Kita harus bangun keluarga di kantor. Karena nggak mungkin kita di sini tanpa campur tangan orang lain, itu harus dipahami. Di kantor juga semuanya seperti teman, boleh ke ruangan saya kapan saja, boleh kasih ide karena kadang-kadang ide mereka lebih baik dari kita. Jadi intinya kalau jadi leader kita harus merangkul tim. Kita bikin mereka happy jadi mereka contribute yang terbaik dari diri mereka," tutur wanita lulusan Boston College Amerika Serikat tersebut.

(ami/ami)