Penyanyi Afganistan Ini Jadi Sensasi Karena Sangat Mirip dengan PM Kanada

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 15 Jan 2019 15:34 WIB
Foto: REUTERS/Denis Balibouse Foto: REUTERS/Denis Balibouse

Jakarta - Mirip dengan selebriti atau tokoh publik bisa membuat seseorang jadi terkenal atau paling tidak membantunya lebih mudah diingat. Seorang pria pun jadi perbincangan karena mirip Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Tak disangka, pria tersebut datang dari negara yang jauh dari Kanada yakni Afganistan.

Pria mirip Perdana Menteri Kanada itu ditemukan netizen dari sebuah ajang pencarian bakat Afganistan. Pria tersebut diketahui bernama Abdul Salam Maftoon dan merupakan peserta kontes menyanyi bernama Afgan Star. Setelah tampil dalam beberapa babak eliminasi, peserta itu pun mendapat julukan 'Afgan Trudeau' hingga 'Salam Trudeau' karena kemiripan wajahnya dengan Justin Trudeau yang dikenal tampan.

Sekilas keduanya memang punya kesamaan fitur wajah. Abdul Salam dan Justin Trudeau memiliki bentuk wajah, mata, alis, dan bibir juga warna rambut yang serupa. Hal ini pun membantu Abdul menjadi lebih dikenal publik dalam acara tersebut.

Dilansir The Guardian, Abdul Salam Maftoon adalah seorang penyanyi pernikahan di daerah terpecil di Provinsi Badakhshan sebelum mengikuti Afgan Star. Ia dikatakan belum pernah mendengar mengenai Justin Trudeau sama sekali sebelum salah seorang juri acara menyebutkan kemiripan mereka.

"Orang-orang sudah melupakan namaku dan sekarang mereka hanya memanggilku 'Justin Trudeau'. Aku tidak tahu apa-apa mengenai Justin Trudeau sampai aku melihat fotonya di media sosial. Kemiripan itu telah meningkatkan kesempatanku memenangkan kompetisi sebanyak 50%," katanya kepada AFP.

Sebelumnya Abdul hanya mengandalkan penghasilannya dari menyanyi di pernikahan dan pesta ulang tahun untuk membiayai istri dan keempat anaknya. Namun kini Abdul percaya diri bisa mengembangkan karier yang lebih luas berkat kemiripannya dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

"Aku ingin bertemu dengannya jika dia mau karena dia adalah sosok global dan aku hanya pria miskin dari lokasi terpencil di Afganistan," tutur Abdul. (ami/ami)