ADVERTISEMENT

Pulang Kampung, Miss Universe 2018 Dihujat karena Dianggap Bukan Orang Asia

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 22 Des 2018 14:07 WIB
Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha
Jakarta -
Catriona Gray, mewakili Filipina, memenangkan kontes kecantikan Miss Universe 2018 dalam perhelatan mewah di Bangkok, Thailand. Sementara banyak orang Filipina menyambut kemenangannya, beberapa tidak mendukungnya dan bahkan menghujatnya.

Tak sedikit orang di Filipina menyerang kemenangan Catriona Gray. Mereka menganggap kemenangan Filipina yang keempat kalinya dalam kontes Miss Universe yang diraih oleh Catriona adalah contoh bias terhadap standar kecantikan Barat. Model berdarah Filipina-Australia ini pun dianggap tidak merepresentasikan Asia.

Salah satu netizen bernama Friar Stephanos Pedrano mengatakan bahwa Catriona yang merupakan model kelahiran Australia itu tidak cukup terlihat seperti orang Filipina. "Bagi saya Miss Filipina ini bagaikan orang Kaukasia yang cantik dengan kulit kecokelatan,"tweetnya.

"Kontes kecantikan internasional ini hanya mempromosikan dan melestarikan fitur Kaukasia sebagai 'standar emas' kecantikan," imbuhnya.

"Dia cantik berdasarkan standar kecantikan Barat," kritik Nina Loleng, netizen lainnya.

Bagi kebanyakan netizen Filipina, pemenang Miss Universe 2018 ini memiliki tampilan kulit yang lebih terang dan lebih banyak fitur Barat. Hal itu pun dikaitkan dengan kolonialisme Spanyol dan Amerika.
(agm/ami)