Kisah Supermodel Cari Pahlawan yang Selamatkan Nyawanya Saat Tsunami

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 19 Nov 2018 08:22 WIB
Supermodel Petra Nemcova. Foto: Instagram/@pnemcova
Jakarta - Supermodel Petra Nemcova adalah salah satu korban dahsyatnya Tsunami 2004 yang menimpa beberapa wilaya di Asia Tenggara. Ketika itu, wanita asal Cekoslovakia tersebut tengah berlibur di sebuah pantai di Thailand. Petra berhasil selamat dari kejadian tersebut berkat sosok seorang pahlawan. Setelah 14 tahun berlalu, Petra belum bisa melupakan jasa orang tersebut dan berniat untuk mencarinya.

Petra tengah merayakan liburan Natal bersama tunangannya fotografer Simon Atlee pada Desember 2004. Saat sedang menikmati waktu, ia pun mendengar orang-orang berteriak dan berlarian. Tiba-tiba, tsunami menerjang dan memisahkan Petra dan Simon. Sayangnya, Petra baru bisa menemukan Simon berminggu-minggu setelahnya dalam keadaan sudah tak bernyawa.

Beruntung, ketika itu Petra bisa menyelamatkan diri dengan berpengan pada sebuah pohon palem. Meski selamat, Petra mengalami banyak luka karena terhantam barang-barang yang terbawa arus. Melihat hancurnya bangunan dan tubuh-tubuh manusia yang mengambang, Petra pun terguncang secara psikologi.
Kisah Supermodel Cari Pahlawan yang Selamatkan Nyawanya Saat TsunamiSupermodel Petra Nemcova. Foto: Instagram/@pnemcova

Petra kemudian diketemukan oleh pria lokal yang kemudian meminta bantuan orang-orang untuk menyelamatkannya. Berkat orang itu, wanita 39 tahun tersebut bisa segara dibawa ke rumah sakit untuk diberi penangan.

Selain sosok pahlawan itu, Petra juga mencari dua orang penting lain selama kejadian itu. Yakni seorang pasien pria di sebelah tempat tidurnya yang menenangkan dan memberikan Petra sebuah bandul Buddha ketika ia panik. Wanita yang pernah menjadi model Victoria's Secret ini pun ingin bertemu dengan bayi bernama 'Tsunami' yang lahir ketika peristiwa tersebut.

Sosok-sosok tersebut tak hanya membuatnya bertahan hidup tapi juga mengubah hidup Petra. Dikatakan jika dulu Petra hanyalah wanita yang peduli dengan dirinya sendiri dan kariernya. Namun setelah kejadian itu, ia lebih banyak menggunakan waktu untuk menolong orang. Melalui Happy Hearts Fund, Petra bahkan telah membantu membangun banyak sekolah yang hancur karena bencana alam, termasuk di Indonesia.
Kisah Supermodel Cari Pahlawan yang Selamatkan Nyawanya Saat TsunamiPetra Nemcova diselamatkan seseorang saat bencana Tsunami 2004. Foto: Instagram/@pnemcova

Hal ini pertama kali terungkap oleh seorang pembuat film independen bernama Pokchonn Dissayabutra. Dalam sebuah unggahan di Facebook, ia meminta bantuan para netizen agar Petra bisa bertemu dengan orang yang telah menyelamatkannya itu. Pokchonn juga mengatakan akan membuat film dokumenter mengenai salah satu bencana terbesar yang terjadi di Thailand tersebut.

Dikatakan jika Pokchonn sudah menemani Petra untuk mencari sosok pahlawan tersebut selama bertahun-tahun. Namun usaha itu belum juga membuahkan hasil sehingga ia meminta bantuan para netizen. Pokchoon pun mengaku telah mendapat banyak respon dan tengah dalam tahap verifikasi.




Tonton juga 'Kisah Heroik Wartawan Peliput Gempa & Tsunami di Sulteng':

[Gambas:Video 20detik]



Kisah Supermodel Cari Pahlawan yang Selamatkan Nyawanya Saat Tsunami
(ami/hst)