Dinikahi Pria Biasa, Putri Ayako Dapat Uang Rp 14 M dari Pemerintah Jepang

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 31 Okt 2018 16:09 WIB
Putri Ayako dari Jepang dinikahi pria biasa, Kei Moriya. Foto: Reuters
Tokyo - Pernikahan Putri Ayako dengan pria biasa Kei Moriya menjadi atensi bukan hanya karena sang putri melepas gelar kebangsawanannya. Setelah menikah, Putri Ayako rupanya juga mendapat uang dari pemerintah Jepang.

Seperti dilaporkan Japan Times, Putri Ayako yang merupakan anak dari Pangeran Takamado dan Putri Hisako itu akan mendapatkan 106,75 juta Yen atau sekitar Rp 14 miliar dari pemerintah Jepang setelah dia dinikahi Kei Moriya. Pernikahan Putri Ayako dan Kei Moriya digelar di Meiji Shrine, Tokyo, Senin (29/10/2018).

Uang belasan miliar didapatkan Putri Ayako sesuai dengan hukum yang berlaku di Kekaisaran Jepang. Uang tersebut merupakan 'uang pensiun' yang dibayarkan satu kali secara sekaligus. Uang tersebut diberikan agar anggota keluarga kekaisaran bisa tetap memiliki gaya hidup seperti sebelum melepas gelar kebangasawanan karena menikah dengan rakyat jelata.


Putri Ayako melepas gelar bangsawannya karena dinikahi pria biasa.Putri Ayako melepas gelar bangsawannya karena dinikahi pria biasa. Foto: Reuters


Jumlah uang yang diberikan pada Putri Ayako sudah ditetapkan di undang-undang yang berlaku. Pembayaran 'uang pensiun' tersebut telah disetujui berdasarkan rapat tertutup dari Badan Rumah Tangga Kekasairan yang anggotanya terdiri dari delapan orang termasuk Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.



Dan jumlah uang yang didapatkan itu tergantung dari status anggota keluarga kekaisaran yang melepaskan gelar kebangsawanannya tersebut. Pastinya uang yang dibayarkan itu diambil dari pendapatan pajak.

Sebelumnya, Putri Noriko yang merupakan kakak Putri Ayako, juga mendapatkan jumlah uang yang sama saat memutuskan meninggalkan Kekaisaran Jepang. Dia dinikahi oleh pria biasa yang berprofesi sebagai pendeta, Kunimaro Senge, pada 2014.

Putri Sayako, yang merupakan anak dari Kaisar Akihito, mendapatkan 'uang pensiun' yang lebih besar dari Noriko dan Ayako. Setelah dinikahi Yoshiki Kuroda, seorang pegawai di Tokyo Metropolitan Government, Putri Sayako mendapatkan 150 juta Yen.


(eny/eny)