Daftar Kekayaan Anggota Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth Hingga Meghan Markle

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 26 Sep 2018 14:35 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Sebagai bangsawan tentu para pangeran dari kerajaan Inggris memiliki banyak kekayaan. Bukan hanya Pangeran William dan Pangeran Harry, istri-istri mereka juga punya harta yang tidak sedikit. Mungkin banyak orang bertanya bagaimana para bangsawan ini mendapatkan uang karena tidak bekerja seperti orang kebanyakan. Penasaran dari mana saja sumber harta kekayaan mereka? Berikut daftarnya.

Ratu Elizabeth

Daftar Kekayaan Anggota Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth Hingga Meghan MarkleFoto: Istimewa
Sebagai seorang ratu tentu Ratu Elizabeth II memiliki banyak harta dan menjadi yang terkaya dalam keluarga. Dilansir Time, kekayaan bersih Ratu Elizabeth diperkiran sekitar $520 juta (Rp 7,7 triliunan). Sebagian hartanya pun bersumber dari profit Crown Estate dan Sovereign Grant.

Ratu juga mendapat gaji dari Duchy of Lancaster. Ia oun memiliki beberapa real estate, mulai dari Balmoral Castle senilai $140 juta (Rp 2 triliunan), rumah liburan di Skotlandia, hingga Sandringham House di pedesaan Inggris senilai $65 juta (Rp 969 miliaran) yang diwariskan dari sang ayah.

Pangeran William
Daftar Kekayaan Anggota Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth Hingga Meghan MarkleFoto: Istimewa
Calon penerus tahta ini pun memiliki sejumlah harta kekayaan yang diwariskan dan yang diperolehnya sendiri dari hasil kerja. Dilansir Business Insider, ia punya kekayaan bersih sekitar $25 juta (Rp 372 miliaran) hingga $40 juta (Rp 569 miliaran). Harta tersebut sebagian bersumber dari warisan mendiang Putri Diana senilai $14 juta (Rp 208 miliran) yang ia terima di usia 30. Pangeran William pun mendapat dividen sebesar $450,000 setiap tahun sejak berusia 25 tahun.

Sebelumnya Pangeran William pernah bekerja sebagai pilot East Anglian Air Ambulance yang memberinya gaji $62,000 (Rp 924 miliaran). Namun dilansir CNBC, gaji tersebut diberikan untuk amal. Kini William telah pensiun dari profesi itu untuk fokus pada kewajiban kerajaan.

Pangeran Harry
Daftar Kekayaan Anggota Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth Hingga Meghan MarkleFoto: Istimewa
Pangeran Harry puny harta kekayaan yang serupa dengan kakaknya. Kekayaan bersihnya pun diperkirakan sekitar $25 (Rp 372 miliaran) hingga $40 juta (Rp 569 mmiliaran). Seperti Pangeran William, Harry juga mewarisi barang-barang mewah Putri Diana, termasuk sejumlah perhiasan mahal yang nilainya belum diketahui secara pasti.

Pangeran Harry juga pernah bekerja sebagai tentara Royal Air Force selama 10 tahun hingga menjadi kapten. Dilansir Forbes, gajinya bisa mencapai $53,000 (Rp 790 miliaran) per tahun. Namun Harry telah pensiun di 2015 untuk fokus pada pekerjaan amal.

Kate Middleton
Daftar Kekayaan Anggota Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth Hingga Meghan MarkleFoto: Pangeran Louis dan Kate Middleton (dok. Istana Kensington)
Sebelum menjadi putri kerajaan, Kate Middleton memang datang keluarga cukup mampu meski tidak kaya raya. Keluarganya diketahui memiliki bisnis perlengkapan pesta Party Pieces yang bernilai $30 juta (Rp 447 miliaran) hingga $50 juta (Rp 754 miliaran). Kekayaan bersih pribadi Duchess of Cambridge sendiri dilaporkan sekitar $10 juta (Rp 149 miliaran). Diperkirakan Kate Middleton bisa jadi mewarisi kekayaan orangtuanya suatu hari nanti.

Meghan Markle
Daftar Kekayaan Anggota Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth Hingga Meghan MarkleFoto: Dok. Getty Images
Anggota baru Kerajaan Inggris ini sebelumnya dikenal sebagai aktris. Ia mungkin punya saldo tabungan paling sedikit di antara yang lain namun bisa jadi akan terus bertambah seiring waktu. Dilaporkan jika kekayaan bersih Meghan Markle sekitar $5 juta (Rp 74 miliaran). Kekayaan itu sebagian besar berasal dari karier aktingnya,

Dikatakan jikaMeghan bisa menerima $50,000 (Rp 745 juta) untuk satu episode serialSuits. DilansirFortune, ia pun mendapat penghasilan tahunan dariUSA Network sekitar $450,000 (Rp 6,7miliran).

(ami/ami)