Kata Psikolog Soal Viral 'Wanita Bokek dan Lelah Kerja Hanya Ingin Dinikahi'

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 20 Sep 2018 14:47 WIB
Ilustrasi pernikahan. Foto: Thinkstock Ilustrasi pernikahan. Foto: Thinkstock

Jakarta - Belum lama ini viral di media sosial postingan yang mengungkapkan jika wanita tak punya uang atau bokek dan lelah bekerja, ia hanya ingin dinikahi. Postingan tersebut pun mengundang kontroversi karena banyak netizen yang menganggap pengandaiannya tak cocok, meskipun ada juga yang setuju.

Banyak netizen berkomentar jika solusi dari permasalahan tersebut bukanlah menikah. Namun, ada juga yang berpendapat jika terkadang saat wanita merasa lelah dalam bekerja dan jenuh akan rutinitas yang membosankan muncul keinginan untuk menikah agar bisa berbagi lelahnya dengan pasangan. Lalu, bagaimana menurut pandangan psikolog?

Menanggapi hal tersebut, psikolog Ayoe Sutomo mengungkapkan jika memang konsep pernikahan adalah pria menafkahi wanita. Namun, menurut Ayoe jika karena bokek atau tak punya uang kemudian dijadikan alasan untuk menikah, tentu pernyataan itu tak tepat.

Baca Juga : Viral, Postingan Wanita Lelah Bekerja Hanya Ingin Dinikahi Jadi Kontroversi

Postingan viral jika wanita bokek solusinya adalah dinikahiPostingan viral jika wanita bokek solusinya adalah dinikahi Foto: Twitter


"Melihat dari sudut psikologi betul memang konsepnya kalau kita menilik dari konsep menikah yang umumnya laki-laki menafkahi wanita. Tapi banyak sekarang perempuan yang bisa mandiri dan bekerja sendiri sehingga uang bukan menjadi permasalahan baginya. Ketika menikah peran bukan hanya dinafkahi saja, justru perempuan menikah mengemban tanggung jawab yang lebih berat daripada lajang," ungkap Ayoe saat dihubungi Wolipop, Kamis (20/9/2018).

Psikolog yang juga pembawa acara di salah satu stasiun televisi swasta ini pun menambahkan menikah tak didasari hanya karena bokek dan lelah bekerja. Ayoe pun mengungkapkan akan ada permasalahan baru yang muncul di kehidupan pernikahan dan itu akan hancur jika pondasi yang dibangun untuk membina rumah tangga tak kuat.

Baca Juga : Viral, Kisah Pria Tunda Menikah Demi Kejar Sukses Tapi Malah Berakhir Pilu

Postingan viral saat wanita lelah bekerja solusinya hanya ingin dinikahiPostingan viral saat wanita lelah bekerja solusinya hanya ingin dinikahi Foto: Twitter


"Satu pendapat yang cukup keliru, karena apa yang dihadapi setelah menikah itu bukan hanya lelah bekerja terus menikah, tapi ada masalah baru, karena itu tidak bisa menjadi alasan untuk membangun pondasi yang cukup kuat," terang Ayoe

"Bisa menimbulkan permasalahan baru jika memutuskan menikah hanya karena itu alasannya. Ada beberapa alasan yang juga kurang sesuai seperti sudah umur limitnya untuk menikah terus maksa ingin nikah, itu juga kurang tepat. Pada hakikatnya kehidupan pernikahan bukan hanya berisi itu. Kesiapan untuk menghadapi kehidupan setelah pernikahan diperlukan, secara fisik dan finansial, kalau perempuan sudah cukup mampu untuk bijaksana dan mengelola keuangan," imbuhnya.
(agm/agm)