Pria Ini Dipenjara karena Sarapan dengan Rekan Kerja Wanita

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 13 Sep 2018 15:39 WIB
Ilustrasi pria dan wanita makan bareng. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi pria dan wanita makan bareng. Foto: ilustrasi/thinkstock

Jakarta - Tak ada yang menyangka jika sarapan bersama dengan seorang wanita bisa berakhir di penjara. Hal itu dialami oleh seorang pria Mesir yang bekerja sebagai resepsionis hotel di Arab Saudi. Belum lama ini, ia ditangkap setelah memosting video singkat tentang dirinya yang sedang sarapan dengan seorang rekan kerja perempuan di media sosial.

Pria yang dikenal sebaga Bahaa ditangkap polisi pada Minggu (9/9/2018), setelah video dirinya makan pagi dengan seorang rekan kerja wanita di sebuah hotel Jeddah menarik banyak perhatian di media sosial. Klip pendek itu hanya menunjukkan Bahaa dan wanita yang mengenakan cadar menikmati sarapannya.

Aksi Bahaa tersebut dianggap jelas merupakan pelanggaran hukum Arab Saudi yang menyatakan bahwa tempat kerja dan tempat makan harus memiliki ruang terpisah untuk pria dan wanita. Hal itu menimbulkan perdebatan, dan Bahaa dikecam sebagian besar orang Arab Saudi karena perilaku tersebut tidak sesuai dengan budaya.

Baca Juga : Selebgram Arab Jadi Kontroversi Karena Sebut PRT Tak Butuh Libur

Bahaa jadi kontoversi karena sarapan dengan rekan kerja wanitaBahaa jadi kontoversi karena sarapan dengan rekan kerja wanita Foto: Istimewa


"Pemerintah harus mengadili mereka yang berani tidak menghormati hukum dan sistem Saudi, merusak citra masyarakat konservatif kami, dan mempromosikan degradasi moral dengan hukuman paling keras," komentar seorang pengguna Twitter.

"Saya perlu memahami mengapa pria selalu dihukum dan bukan wanita. Saya orang Saudi dan saya bersumpah ingin ia dihukum juga dengannya (Bahaa). Tertawa, makan di tempat kerja, di mana batas Anda?," kritik netizen lainnya.

Setelah menuai kontroversi terhadap video pertamanya, Bahaa kembali mengunggah video dimana ia mengkritik reaksi orang-orang yang berlebihan, padahal ia hanya sarapan dengan seorang rekan kerja saja. Pihak berwenang pun kemudian menangkapnya karena mengunggah video yang bersifat menyinggung di media sosial, dan Bahaa kemungkinan besar akan dideportasi karena kesalahannya.

Baca Juga : Deretan Iklan Kerudung yang Jadi Kontroversi, Hijab Halal hingga Mandi Basah

Sementara banyak orang Saudi yang menyatakan diri mereka marah dengan video Bahaa, ada yang menganggap penangkapannya dan reaksi orang-orang keterlaluan. Beberapa dari mereka berkomentar jika seharusnya pemerintah memaklumi karena Bahaa merupakan pekerja migran dari Mesir yang tak mengerti aturan di Arab Saudi.

"Dia adalah pekerja migran Mesir, makan kentang goreng dengan rekan wanita? Langsung ke penjara, Anda keterlaluan!," cuit netizen.
(agm/agm)