Penghormatan Madonna untuk Aretha Franklin Dikritik di VMAs, Ada Apa?

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 21 Agu 2018 19:00 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

New York City - Madonna menjadi salah satu presenter di ajang MTV Video Music Awards (VMAs) 2018 dan memanfaatkan momen tersebut untuk memberi penghormatan bagi Aretha Franklin. Sayangnya, pidato Madonna malah menuai kritikan. Ada apa?

Di VMAs 2018 yang berlangsung di Radio City Music Hall, New York City, AS, Senin (20/8/2018), Madonna mendapat tugas untuk membacakan nominasi Video of the Year.

Madonna saat memberikan penghormatan untuk Aretha Franklin di MTV VMAs 2018. Madonna saat memberikan penghormatan untuk Aretha Franklin di MTV VMAs 2018. (Foto: Getty Images)
Sebelum itu, penyanyi kontroversial ini mengambil waktu untuk mengenang Aretha Franklin. Sang Queen of Soul wafat karena kanker pankreas pada 16 Agustus lalu yang kebetulan bertepatan juga dengan ulang tahun Madonna.

Pidato tersebut lantas sempat menjadi perbincangan di media sosial. Banyak netizen menilai Madonna malah lebih banyak berbicara tentang dirinya.

Pelantun 'Like A Virgin' itu membuka pidatonya dengan bercerita bagaimana Aretha ikut mengubah hidupnya. Ia juga curhat tentang kegagalannya dalam sebuah audisi setelah menyanyikan salah satu tembang populer Aretha yang berjudul '(You Make Me Feel A) Natural Woman'.

"Dua pria Prancis melihatku. Aku tanya apakah mereka tahu lagu Aretha Franklin. Mereka mengangguk lagi. Mereka lalu menengadah ke pianis. Aku bilang, tidak butuh partitur. Aku hafal liriknya. Aku tahu betul lagunya dan akan menyanyikannya secara a capella," kenang Madonna.

Penghormatan Madonna untuk Aretha Franklin Dikritik di VMAs, Ada Apa? Madonna di MTV VMAs 2018. (Foto: Getty Images)
Cerita Madonna lalu berlanjut dengan pengalaman dia saat hijrah ke Paris untuk mengejar impiannya ke Paris. "Aku pulang beberapa bulan setelahnya karena aku tidak mendapatkan apa yang kuinginkan," lanjut Madonna yang muncul dalam balutan gaun hitam bernuansa etnik Afrika.

Penyanyi 60 tahun itu lalu menyebut lagi nama Aretha sebagai inspirasinya. "Dia yang menjadikanku seperti saat ini. Dan aku tahu, banyak orang di ruangan ini yang terinspirasi olehnya. Dan aku mau berterima kasih padamu Aretha karena telah menginspirasi kami semua. R-e-s-p-e-c-t. Long live the queen," kata dia.

Mendiang Aretha Franklin, the queen of soul.Mendiang Aretha Franklin, the queen of soul. (Foto: Express Newspapers/Getty Images)
Netizen pun bereaksi. Kritikan salah satunya datang dari sebuah akun Twitter yang berkicau, "Jadi bukannya memberikan penghormatan sebenarnya untuk Aretha, Madonna malah membicarakan tentang dirinya selama 30 menit?!"

MTV sebagai penyelenggara pun tak luput dari kritikan netizen. "Semua artis berkulit hitam sebanarnya bisa memberikan penghormatan untuk Aretha dan MTV menghadirkan Madonna untuk bercerita tentang dirinya? #VMAs D.I.S.R.E.S.P.E.C.T.," cuit seorang netizen.


(dtg/dtg)