Gaya 'Finger Heart' dari Korea Ini Ngetren di Mana-mana, Siapa Pelopornya?

Hestianingsih - wolipop Kamis, 22 Mar 2018 13:09 WIB
Chaeyoung personel Twice. Foto: istimewa
Jakarta - Pencinta K-pop dan drama Korea tentu sudah tak asing lagi dengan pose 'finger heart' yang sering diperlihatkan selebriti maupun orang-orang Korea Selatan. Pose menyilangkan ibu jari dan telunjuk ini digunakan sebagai ungkapan 'cinta' atau 'hati yang besar'.

Belakangan tak hanya selebriti Korea Selatan saja yang mengikuti tren ini. Sejumlah artis dunia pun ikut melakukannya.
Gaya 'Finger Heart' dari Korea Ini Ngetren di Mana-mana, Siapa Pelopornya?Lupita Nyong'o. Foto: Getty Images

Terakhir adalah aksi para bintang film 'Black Panther' yang berpose 'finger heart' saat mengunjungi Korea Selatan untuk peremier film 'Black Panther' di Negeri Ginseng itu.

Mulai dari sang pemeran utama Chadick Boseman, Lupita Nyong'o hingga Michael B. Jordan kompak menunjukkan cinta mereka lewat 'finger heart'. Hal ini pun makin membuat pose yang sudah populer di negeri kelahiran Lee Min Ho dan BTS itu makin mendunia.
Gaya 'Finger Heart' dari Korea Ini Ngetren di Mana-mana, Siapa Pelopornya?Kim Hye Soo dan Shin Seung Woo. Foto: Koreaboo

Sebenarnya dari mana asal muasal 'finger heart' hingga terkenal dan jadi tren? Tidak ada yang tahu pasti. Tapi mengutip artikel dari Koreaboo, pencetus tren 'finger heart' adalah Kim Hye Soo.

Aktris senior Korea ini disebut jadi salah satu selebriti yang memopulerkan 'finger heart'. Pada foto yang beredar di 2010, terlihat Kim Hye Soo berpose dengan menyilangkan ibu jari dan telunjuknya bersama aktor Shin Seung Woo.

Foto tersebut diambil saat Kim Hye Soo dan Shin Seung Woo sedang beristirahat di sela-sela syuting drama 'Home Sweet Home' yang ditayangkan MBC. Di tahun yang sama, aktris yang kini berusia 47 tahun itu juga tampak memperlihatkan gestur jari 'finger heart' pada foto lainnya.
Gaya 'Finger Heart' dari Korea Ini Ngetren di Mana-mana, Siapa Pelopornya?Kim Hye Soo. Foto: Koreaboo

Tren 'finger heart' baru booming sekitar 2015 silam. Jadi bisa dibilang, Kim Hye Soo sudah memulai tren ini lima tahun sebelumnya.

Namun Kim Hye Soo sepertinya bukan selebriti pertama yang berpose dengan 'finger heart'. Adalah G=Dragon, yang diduga jadi artis pertama yang berpose 'finger heart'.

Beredar foto G-Dragon kecil yang ia posting di media sosial. Memakai beanie hitam, tampak pentolan grup idol Big Bang itu menatap kamera sambil tersenyum dan menyilangkan jarinya membentuk 'hati'.
Gaya 'Finger Heart' dari Korea Ini Ngetren di Mana-mana, Siapa Pelopornya?G-Dragon. Foto: Koreaboo

Jadi siapa sebenarnya pelopor tren 'finger heart'? Yang jelas tren ini sudah makin mendunia dan bisa saja nantinya menjadi bahasa universal untuk mengungkapkan cinta. Saranghae! (hst/hst)