Kisah Haru Gadis 9 Tahun yang Setiap Hari Gendong Kakaknya ke Sekolah

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 24 Jan 2018 07:23 WIB
Foto: screenshot Youtube Foto: screenshot Youtube

Jakarta - Hidup rukun dan saling membantu memang seharusnya dilakukan sesama saudara. Tapi, apa yang telah dilakukan oleh gadis asal Cina untuk membantu saudaranya yang difabel ini telah menghangatkan hati banyak netizen.

Zhou Dingshuang, seorang gadis kecil dari Guangnan, Yunnan menggendong kakaknya, Zhou Dingfu ke sekolah Sentral Heizhiguo County setiap hari. Tak peduli seberapa buruk cuacanya, adik perempuan yang tangguh ini memastikan agar Dingfu bisa mendapatkan pendidikan.

Kisah Haru Gadis 9 Tahun yang Setiap Hari Gendong Kakaknya ke SekolahFoto: screenshot Youtube

Menurut China Daily, Dingfu lahir cacat dan membuatnya kesulitan untuk menggunakan kakinya. Karena keadaan tersebut, orangtua mereka meminta anak laki-laki berusia 12 tahun ini untuk meninggalkan sekolahnya. Namun, Dingshuang memprotes keputusan keluarga mereka dan karena satu sekolah dengan kakaknya, ia secara sukarela menggendong Dingfu ke sekolah setiap hari.

"Aku akan menjadi tongkat kakakku selamanya. Aku akan selalu berada di sisinya, menjaganya dan tidak akan pernah meninggalkannya," tutur Dingshuang.

Selain menjadi kakinya, Dingshuang juga bertindak sebagai tangan saudara laki-lakinya. Dia membantu Dingfu mencuci muka dan mengenakan pakaian untuk sekolah setiap pagi.
Kisah Haru Gadis 9 Tahun yang Setiap Hari Gendong Kakaknya ke SekolahFoto: screenshot Youtube

Gadis kecil berusia sembilan tahun ini harus membawa sang kakak ke punggungnya saat mereka melintasi jalanan dan menaiki tangga dalam perjalanan ke kelas. Tak hanya bertindak sebagai adik yang baik, Dingshuang juga mengurus berbagai pekerjaan rumah tangga lainnya karena kedua orangtuanya cacat.

Beruntungnya, setelah kisah Dingshuang ini menjadi viral dan mengetahui kondisi sulit mereka, pihak sekolah telah mengatur akomodasi mereka untuk memberkan asrama dan membantu mengurangi beberapa biaya pendidikannya.
(agm/agm)