Pertamakalinya, Wanita Down Syndrome Jadi Finalis Ratu Kecantikan di Amerika

Eny Kartikawati - wolipop Sabtu, 13 Mei 2017 10:15 WIB
Foto: ist
Jakarta - Kompetisi kontes kecantikan semakin hari semakin bergeser tidak hanya mengutamakan penampilan fisik dari finalisnya. Terbukti kini seorang wanita Down Syndrome bisa menjadi finalis sebuah kontes kecantikan di Amerika Serikat.

Adalah Mikayla Holmgren yang tercatat sebagai wanita Down Syndrome pertama yang akan mengikuti kontes kecantikan Miss Minnesota USA pada 26 November 2017. "Saya akan menghancurkan streotipe yang ada," ujarnya kepada People.

Pertamakalinya, Wanita Down Syndrome Jadi Finalis Ratu Kecantikan di AmerikaFoto: ist
Ya, melalui kontes kecantikan yang diikutinya Mikayla ingin mengubah pandangan orang mengenai penderita Down Syndrome. Sebelumnya, wanita 22 tahun ini sudah menjadi pemenang Minnesota Miss Amazing, kontes kecantikan untuk para wanita yang memiliki kebutuhan khusus, pada 2015.

Saksikan video 20detik tentang Mikayla Holmgren di sini:



Mikayla memang bukan penderita Down Syndrome biasa. Meskipun saat lahir dokter tidak yakin bagaimana masa depannya karena kelainan genetik yang dialaminya itu, dia tumbuh menjadi anak yang percaya diri. Bahkan dia berhasil melampaui ekspektasi dokter karena ketika usianya sembilan bulan sudah bisa berjalan dan mulai berbicara di usia 13 bulan.

Ibunda Mikayla, Sandi Holmgren, mengatakan bahwa dia berusaha membesarkan anaknya senormal mungkin. Mikayla dimasukkannya ke kelas menari saat anak itu berusia enam bulan. Dia kemudian juga masuk kelas senam.

"Aku merasa sangat bersyukur melahirkan putriku yang cantik ini, yang bisa membuat perbedaan di dunia ini dan menunjukkan pada dunia wajah lain dari sebuah kecantikan," kata Sandi dalam wawncara dengan Today.

Kebanggaan Sandi pada Mikayla semakin besar karena putrinya itu menjadi finalis pertama di Miss Minnesota USA yang memiliki kelainan Down Syndrome. Kehadiran Mikayla ini juga disambut dengan tangan terbuka oleh Co-director Executive Miss Minnesota USA Denise Wallace.

Pertamakalinya, Wanita Down Syndrome Jadi Finalis Ratu Kecantikan di AmerikaFoto: ist
"Mikayla adalah wanita berprestasi yang luar biasa. Kami merasa dia memiliki kemampuan untuk berkompetisi di Miss Minnesota USA," ujar Denise.

Pada kompetisi Miss Minnesota USA, Mikayla akan melalui berbagai penjurian, termasuk kompetisi gaun malam, busana renang dan tahapan wawancara. Jika dia berhasil menjadi juara, dia akan mewakili Minnesota di kontes kecantikan Miss USA 2018. (eny/ami)