Kunci Keharmonisan Keluarga Mona Ratuliu dan Indra Brasco

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 09 Mei 2017 18:35 WIB
Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Bercerita dan berkomunikasi secara efektif dapat membina keharmonisan keluarga. Seperti yang dilakukan pasangan Mona Ratuliu dan Indra Brasco. Keluarganya yang harmonis ini terbentuk karena baik Mona dan Indra, selalu menyediakan waktu untuk mengobrol bersama buah hatinya.

"Curhat lebih banyak ngobrol, sambil nonton TV. Dengan tidak membatasi waktu mereka, keinginan untuk bicara itu ya datang juga," ungkap Mona pada konferensi pers Lebih Berani Bicara dengan SariWangi di Kila-Kila by Akasya Restaurant, SCBD, Jakarta Pusat, Selasa (9/5/2017).

Mengobrol, bercerita, dan berbagi mengenai berbagai hal dilakukan oleh Mona dan keluarga kapanpun dan dimanapun. Tapi menurut Mona anak-anaknya akan lebih banyak bercerita ketika mereka pulang sekolah.

"Kalau Indra sering nganterin anak sekolah atau jemput, mereka banyak yang mau diceritain. Mengenai pelajarannya, teman- temannya, jadi bisa di mobil dan bisa di manapun mereka cerita," ujar Mona.

Sejak menikah pada 2002 lalu, Mona dan Indra telah memiliki buah hati yang sudah remaja. Menghadapi anak remaja menjadi tantangan tersendiri bagi Mona dan Insra. Butuh perlakuan yang berbeda agar buah hatinya dapat bercerita hal-hal tertentu.

"Kalo Mima suka ngobrolnya itu nggak di rumah, dia ingin di taman atau di tempat yang nggak biasa. Lebih suka suasananya santai. Jadi dia berani ngomong mengutarakan isi hatinya," tambah Mona.

Agar buah hatinya terbuka untuk bercerita tentang hal dan perasaan yang dialaminya, Mona bersama suami pun mengambil beberapa cara dan pendekatan. Membuka pembicaraan terlebih dahulu menjadi salah satu cara Mona mengajak anak-anaknya mengutarakan perasaan atau pengalaman yang dialaminya.

"Setiap hari di momen yang pas suka aku tanya, atau aku cerita tentang momen-momen pribadi dulu. Istilahnya mancing mereka dan barulah mereka berani untuk bercerita," jelas Mona. (agm/hst)