Sudah Usia 82 Tahun, Wanita Ini Jadi DJ Top di Klub Ternama Jepang

Anggi Mayasari - wolipop Minggu, 30 Apr 2017 14:46 WIB
Foto: Twitter
Tokyo - Usia tidak menjadi penghalang untuk mengejar mimpi. Seperti yang dilakukan wanita asal Jepang yang menjadi disc jockey (DJ) ini. Usianya memang sudah 82 tahun, tapi Sumiko Iwamuro masih aktif tampil enerjik 'meramu' beat di klub malam populer sekitar Jepang.

DJ Sumirock, sapaan akrabnya, adalah seorang pemilik sebuah restoran China di sebuah distrik di Tokyo. Di siang hari DJ Sumirock membuat dan menjual dimsum bersama saudara laki-lakinya. Restoran China warisan ayahnya ini telah dijalankan olehnya selama lebih dari 60 tahun.

Namun ketika malam tiba, Sumiko tampil enerjik dan beralih profesi menjadi seorang DJ di DecabarZ, sebuah klub malam di kota Shinjuku Tokyo, Jepang.

Sumiko mulai terjun ke dunia DJ dan memainkan turntable ketika usianya 70 tahun, setelah suaminya meninggal dunia. Sebelumnya ia menghabiskan satu tahun pelatihan DJ di sebuah sekolah musik lokal. Kemudian ia diperkenankan untuk memainkan musik ke lokasi klub setelah bertemu dengan seorang produser acara.

Ketika beraksi menjadi DJ, Sumiko biasanya membuka aksinya dengan tema serial anime Jepang populer tahun 1980-an, Astro Boy. Suara musiknya pada dasarnya adalah musik techno dengan jazz, French chanson, dan musik klasik.

"Ketika memutar turntable, saya hanya ingin mencocokkan irama. Tapi yang terbaik adalah pendengar saya bisa menikmati dirinya sendiri," kata Sumiko seperti dilansir Huffington Post.

DJ Sumirock mengungkapkan bahwa dirinya jatuh cinta dengan musik karena ayahnya seorang drummer jazz. Selama Perang Dunia II, ia mendengarkan rekaman jazz, kemudian meredamnya dengan gramofon dan bantal, sehingga orang lain tidak tahu bahwa ia sedang mendengarkan musik dari budaya sekutu musuh. Namun kecintaannya akan musik terhenti karena ia harus membantu menjalankan restoran keluarganya sejak berusia 19 tahun.

Baginya tak ada kata terlambat untuk mengejar mimpi. Meski usianya sudah tak muda lagi, DJ Sumirock juga masih memiliki energi dan mimpi dapat memainkan turntable serta musiknya untuk bisa masuk ke arena klub New York.

"Bekerja sebagai DJ sama dengan menjalankan restoran. Pada keduanya, hasil dapat dilihat ketika pelanggan makan apa yang telah Anda buat, dan kelezatan ditunjukkan juga melalui wajahnya. Jika seorang itu adalah DJ yang baik, semua orang akan menari dengan gembira," jelasnya.

Saksikan video 20detik di sini:

(agm/hst)