ADVERTISEMENT

Kenapa Malas Bercinta Saat Hamil?

- wolipop Senin, 28 Nov 2011 15:23 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Hallo dok, saya sudah 7 bulan menikah. Sekarang saya sedang hamil 4 bulan. Selama saya hamil ini saya tidak bergairah untuk melakukan hubungan suami-istri dengan suami saya, dan juga saya merasakan rasa malas yang berkepanjangan untuk melakukannya. Yang ingin saya tanyakan, mengapa ketika hamil rasanya seorang istri tidak bergairah atau malas untuk melakukan hubungan suami istri dengan pasangannya? Terimakasih dok, Gbu.

(Riama, 25 Tahun)

Jawab:

Saat seorang perempuan mengandung, maka terjadi perubahan besar dalam tubuhnya, terutama perubahan kondisi hormonalnya. Perubahan inilah yang membuat seorang perempuan yang sedang mengandung mengalami rasa mual bahkan sampai muntah, menjadi lebih sensitif atau sering menangis, sering marah-marah dan kadang jadi tidak menyukai suami. Begitu besarnya perubahan hormon sampai bisa mempengaruhi libido seseorang.

Sebagian perempuan hamil cenderung memiliki libido yang lebih tinggi, terutama memasuki trimester kedua yaitu antara bulan ke 4 sampai ke 6. Namun tidak jarang justru libidonya menurun seperti Anda, sehingga malas dan tidak bergairah untuk melakukan hubungan seksual. Keduanya masih dalam batas normal, namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah.

Salah satu yang memerlukan perhatian khusus adalah suami Anda. Suami anda sebagai laki-laki yang normal memiliki kebutuhan biologis untuk melakukan hubungan seksual, apalagi Anda dan pasangan masih tergolong pengantin baru. Jangan sampai menurunnya libido Anda menyebabkan masalah antara Anda dan suami, cobalah minta pengertian suami bahwa libido anda menurun akibat proses kehamilan, namun Anda sendiri juga perlu mengalah dengan cara sesekali memberikan kesempatan kepada suami untuk melakukan hubungan seksual. Mungkin frekuensi hubungan seksual dapat dikurangi sesuai kesepakatan Anda dan suami.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah kesehatan kehamilan Anda. Bila setelah melakukan hubungan seksual ternyata ada masalah dengan kehamilan Anda, seperti keluar flek perdarahan, kontraksi yang berlebihan atau gerakan janin berkurang, maka sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.


(eny/eny)