Awas Jangan Salah Beli, Ini Cara Pilih Foundation untuk Kulit Berminyak

Silmia Putri - wolipop Jumat, 08 Mar 2019 08:07 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Hidup di negara tropis membuat kulit wanita Indonesia cenderung berminyak. Permasalahan yang sering timbul adalah jerawat, komedo, hingga kulit kusam. Untuk itu, pemilihan rangkaian kosmetik untuk kulit berminyak tidak bisa disamakan dengan kulit normal.

Mario Kristion selaku Product Innovation Make Over mengupas cara memilih foundation untuk kulit berminyak. Biasanya, foundation jadi produk kosmetik yang paling menantang untuk kulit berminyak karena jika salah pilih akan membuat kulit seperti kilang minyak bahkan menggelap.

"Pertama, pilih foundation yang ringan karena kalau berat nanti jadi oily banget. Full coverage yang tingan ada, tapi kecenderungannya gampang oksidasi," ungkap Mario Kristion di sela acara Press conference Make Over Powerstay di Powerstay di Scenic180 Resto & Lounge, Sahid Sudirman Centre Jakarta Pusat, Selasa (07/02/2019).

Cara memilih foundation untuk kulit berminyak yang kedua adalah mencoba langsung di kulit tangan dan menunggu beberapa saat. Warna akan terlihat ketika kita membarukan foundation di tangan kita. Setelah menunggu beberapa lama, teksturnya juga akan terlihat karena foundation akan menyerap minyak.

"Terus yang paling penting untuk kulit oily adalah preparation. Kadang orang salah kaprah, "Oh kalau oily langsung timpa aja," Padahal kalau kita timpa langsung kulit dengan foundation akan membuat minyal lebih banyak keluar. Jadi tetap harus dikasih mosturizer tapi tipis," tambahnya.

Lebih lanjut lagi Mario menjelaskan bahwa kulit yang berminyak lebih gampang oksidasi. Pigmentasi foundation akan bereaksi ketika berhadapan dengan oksigen, dan lebih reaktif lagi ketika bertemu dengan minyak.

Mario menyarankan untuk memilih warna foundation satu tingkat lebih cerah sebagai antisipasi kulit akan teroksidasi. Namun, setiap merek foundation memiliki kualitas pigmen yang berbeda. Ada yang oksidasinya parah, ada pula yang tidak mudah teroksidasi.

Terakhir, Mario tidak menyarankan wanita berkulit berminyak untuk memakai foundation full coverage. Jika ingin tampil di acara khusus, ia lebih menganjutkan pemakaian foundation medium to high yang gampang membatu.

"Sayang kalau pakai full cover, nanti dipakai daily wear nggak bisa karena okdisasi jadinya kusem banget," tutupnya.

Awas Jangan Salah Beli, Ini Cara Pilih Foundation untuk Kulit Berminyak

(sil/ami)