ADVERTISEMENT

4 Pilihan Hobi Baru yang Bisa Tingkatkan Mood hingga Kurangi Stres

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Jumat, 13 Jan 2023 09:13 WIB
Ilustrasi Olahraga di Rumah Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Setiap orang tentu punya cara tersendiri untuk menyambut tahun baru. Salah satunya dengan membuat resolusi baru. Selain membuat resolusi tahun baru, beberapa orang juga mencari hobi baru untuk mengurangi rasa penat atau mengisi waktu luang.

Buat kamu yang juga sedang mencari hobi baru di tahun 2023 ini, Tokopedia memiliki berbagai pilihan hobi baru yang menyenangkan, bahkan bisa menjadi mood booster.

4 Pilihan Hobi Baru untuk Tingkatkan Mood

1. Main dan Koleksi Puzzle

Bermain puzzle bisa jadi salah satu pilihan hobi di tahun baru ini. Bahkan, hobi ini sangat bermanfaat dan mampu mendorong perkembangan kognitif anak-anak. Sementara bagi orang dewasa, menyatukan kepingan puzzle dapat mengurangi stres hingga meningkatkan fokus dan daya ingat.

Beragam puzzle dari salah satu penjual Tokopedia asal Jakarta, Cloudy Fields dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang. Apalagi puzzle khusus orang dewasa ini memiliki desain yang kental dengan sejarah Indonesia.

"Minat dari masyarakat Indonesia untuk bermain puzzle mulai dapat dirasakan semua daerah di Indonesia. Terlihat dari adanya pengiriman dengan rute terjauh yaitu dari Kota Pekanbaru Garut ke Kota Jayapura di Tahun 2022 yang lalu," ucap Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia Rizky Juanita Azuz dalam keterangan tertulis, Jumat (13/1/2023).


2. Olahraga

Menjalani rutinitas olahraga kerap menjadi resolusi awal tahun. Namun tak cuka itu, olahraga juga bisa dijadikan sebagai hobi baru. Apalagi hobi berolahraga, dan menjalani gaya hidup sehat dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit berbahaya. Tak hanya itu, rajin olahraga juga bisa meningkatkan motivasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Rizky mengungkapkan olahraga saat ini juga menjadi tren yang sering dilakukan masyarakat. Hal ini terlihat dari banyaknya pengguna Tokopedia yang mencari beberapa produk olahraga.

"Di sisi lain, kami menemukan data menarik bahwa produk Sepeda, Sepak Bola & Futsal, Pakaian Olahraga Pria, Perlengkapan Lari, Hiking & Camping menjadi produk kategori Olahraga yang paling banyak dicari di Tokopedia sepanjang 2022 dibanding 2021," ungkap Rizky.

3. Menulis Jurnal

Menulis jurnal bisa menjadi hobi baru buat kamu yang sering mengalami rasa cemas, stres, atau bahkan depresi. Sebab, menulis jurnal mampu mengurangi kecemasan hingga stres.

Caranya, tentukan waktu paling nyaman untuk menulis jurnal. Gunakanlah buku jurnal khusus seperti koleksi buku jurnal Blooming Garden dari penjual Tokopedia asal Bandung, Otterhands Co. Kamu juga bisa gunakan koleksi Terartai yang bekerja sama dengan Seniman berkebutuhan khusus (Autis, Down Syndrome, dan Cerebral Palsy).

"Di Tokopedia, kami menemukan temuan yang menarik, yaitu adanya pengiriman terjauh untuk produk agenda & planner yang terjadi di tahun 2022 dari Kota Pekanbaru ke Kota Jayapura," kata Rizky.


4. Fotografi

Dunia fotografi biasanya identik dengan harga kamera yang mahal. Namun, siapa sangka kalau hobi fotografi juga bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Salah satu trik yang bisa dilakukan dengan memotret menggunakan Reusable Disposable Camera Hikari Cam Slide & Snap dari penjual Tokopedia asal Bandung, Studio Hikari. Selain harga lebih ekonomis, kamera jenis ini juga bisa menghasilkan foto dengan nuansa vintage dan retro.

Menariknya lagi, kamera jenis ini juga telah banyak digunakan para pencinta fotografi. Bahkan, Tokopedia mencatat adanya peningkatan penjualan pada produk disposable camera.

"Didorong oleh berbagai kampanye Tokopedia Hyperlocal, transaksi produk disposable camera di Tokopedia naik lebih dari 2 kali lipat pada 2022 dibanding 2021," tutupnya.



Simak Video "Resolusi Adipati Dolken di Tahun 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)