ADVERTISEMENT

3 Kisah Kebaikan dan Kejujuran Patut Diteladani

Tim berbuatbaik.id - wolipop Rabu, 04 Jan 2023 15:44 WIB
kejujuran Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Harus diakui kejujuran adalah sesuatu hal yang langka saat ini. Namun, sesuatu yang langka bukan berarti tidak ada atau telah punah. Nyatanya, masih banyak juga orang-orang jujur yang tak silau terhadap harta dan bahkan mengembalikan barang temuan yang bukan miliknya.

Kisah-kisah kejujuran tersebut berasal dari orang-orang kecil yang sederhana dan mempunyai kebaikan di dalam hatinya dan sifat jujur. Berikut rangkumannya, seperti dilansir berbagai sumber.

1. Petugas Kebersihan Temukan Rp 500 Juta di Kereta

Petugas kebersihan KRL yang bernama Mujenih mengembalikan uang Rp 500 juta yang berada di dalam kantong plastik di dalam gerbong KRL menuju Bogor. Setelah cerita ini viral di media sosial. Tak sedikit warganet yang memberi apresiasi atas kejujuran Mujenih.

Mujenih menceritakan penemuan uang tersebut terjadi pada Senin, 6 Juli 2020, sore di Stasiun Bogor. Saat itu dia tengah bertugas untuk membersihkan gerbong kereta. Mujenih sendiri merupakan petugas kebersihan OTC Stasiun Bojong Gede.

Mujenih, petugas kebersihan yang temukan uang Rp 500 juta di KRL dan kembalikan ke pemilknya, Jumat (10/7/2020).Mujenih, petugas kebersihan yang temukan uang Rp 500 juta di KRL dan kembalikan ke pemilknya, Jumat (10/7/2020). Foto: Farhan/detikcom

Menurut Mujenih, uang Rp 500 juta itu dia temukan di gerbong ketiga dari belakang yang berada Stasiun Bogor. Dia melihat ada kantong plastik tertinggal, lalu dibuka.

"Biasanya kalau ada barang ketinggalan saya buka dulu, saya lihat isinya uang. Lalu saya kasihin ke PS (passenger service, red) Bogor," ucapnya saat dihubungi via telepon.

Mujenih pun akhirnya mendapatkan buah kebaikan dari kejujurannya yaitu diangkat menjadi karyawan tetap atas jasanya tersebut.

2. Office Boy Temukan Rp 100 Juta di Tempat Sampah

Selanjutnya adalah seorang Office Boy dari sebuah Bank yang terletak di Kota Bekasi yaitu, Agus Chaeruddin. Pria berumur 35 tahun itu menemukan uang Rp 100 juta di tong sampah serta mengembalikan uang itu.

Atas aksi kebaikannya tersebut, Agus pun mendapatkan apresiasi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berupa umrah gratis untuk sekeluarga. Tak berhenti di situ, di depan para politikus PKS pun Agus berpesan soal pentingnya moral dalam berpolitik.

"Pada saat itu saya merasa amanah dan bertanggung jawab, itu memang ujian buat saya. Itu datangnya dari Allah dan akan kembali kepada Allah. Saya juga nggak nyangka akan seperti itu berkat dari keberkahan. Allah Mahamelihat dan dia selalu memberikan rezeki bagi yang membutuhkan," ucap Agus di depan seluruh wartawan.

3. Petugas Kebersihan Temukan Rp 100 Juta di Toilet

Seorang petugas kebersihan Mal Kota Kasablanka (Kokas) yang bernama Mulyadi menemukan tas yang berisikan Rp 100 juta di toilet. Tanpa banyak berpikir, dia pun langsung memberikannya kepada petugas customer service.

Sesampainya di customer service tas itu pun dibuka dan ternyata berisi Rp 100 juta. Tidak lama kemudian, pemilik uang pun datang dan mengambilnya di customer service mal. Mulyadi, yang bertugas membersihkan toilet di lantai GF Mal Kokas, setiap menemukan sesuatu memang langsung melaporkannya ke customer service. Atas kejujurannya, ia pun mendapatkan penawaran dari atasannya untuk naik pangkat menjadi pengawas akan tetapi pria berumur 32 tahun itu menolak.

"Dia itu karyawan teladan, rajin. Diminta atasannya jadi pengawas tapi tetep nggak mau. Dia sopan, sama siapa saja, sering berbagi makanan," jelas Manajer Supervisor SJS Area Kota Kasablanka, Dian Fadillah.

Kisah penemuan uang oleh Mulyadi ini menyebar lewat surat elektronik. Peristiwa itu terjadi pada 26 Mei 2016. Atas kejujurannya ia pun diajak makan bersama oleh bos perusahaan di tempat ia bekerja.

Pria asal Lampung ini mengaku, kejujuran memang sebuah amanah dari orang tua yang mesti ia jaga saat baru merantau ke Jakarta 13 tahun lalu.

"Ya kata orang tua, kalau menemukan sesuatu memang harus dikembaliin. Syukur alhamdulillah, buat saya yang penting halal, berkah," ucap Mulyadi.

Sahabat baik, mereka adalah orang-orang yang menjaga hasrat terhadap sesuatu yang bukan miliknya. Mereka yang baik ini mengajarkan arti kejujuran dan kebaikan kepada banyak orang.

Kebaikan pun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain jujur dan berintegritas terhadap pekerjaan, kamu bisa mulai kebaikan dengan cara yang sederhana. Caranya mulai Donasi sekarang juga dan realisasikan kebaikan dengan wujud yang lebih luas. Bahkan dengan Rp 10 ribu kamu bisa berbuatbaik melalui Donasi hanya di berbuatbaik.id.

berbuatbaik.id merupakan platform donasi tepercaya yang merupakan bagian dari Transmedia sehingga kredibilitasnya bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, berbuatbaik.id juga menyalurkan 100% donasi ke penerima yang membutuhkan karena seluruh biaya operasional ditanggung oleh perusahaan. Ayo berbuat baik mulai hari ini, mulai sekarang!



Simak Video "Miss Universe Internasional Beri Lisensi ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)