ADVERTISEMENT

5 Kebaikan Kecil dari Tokoh Inspiratif Ini Sukses Mengubah Dunia

Tim berbuatbaik.id - wolipop Selasa, 01 Nov 2022 20:28 WIB
Putri Diana dan Charles Foto: Instagram @dukeandduchessofcambridge
Jakarta -

Setiap manusia berkewajiban berbuat baik. Akan tetapi, kebaikan tidak hanya lewat sesuatu yang besar, tetapi bisa dimulai dengan kebaikan kecil. Bahkan tanpa disadari kebaikan kecil ini berimplikasi besar pada kebaikan banyak orang. Tidak percaya? Berikut contoh tokoh inspiratif yang memberikan kebaikan kecil namun berdampak luas untuk masyarakat dunia seperti dilansir laman theculturetrip.com

1. Putri Diana Menjabat tangan Penderita AIDS

Pada tahun 1987, retorika seputar AIDS menimbulkan rasa takut dan kekhawatiran. Dahulu publik tidak yakin tentang penyakit tersebut sehingga bertanya-tanya seberapa bahanyanya penyakit itu dan cara penularannya.

Namun dugaan itu terjawab sudah saat Putri Diana mengunjungi rumah sakit di London, dia mendatangi seorang pasien yang menderita AIDS. Berfoto bersama dan berjabat tangan kepada pasien pria yang menderita AIDS tanpa mengenakan sarung tangan. Satu momen ini mengubah persepsi tentang AIDS. Menentang keyakinan bahwa penyakit ini dapat memulai melalui sentuhan dan menunjukkan kebaikan Putri Diana yang tak tergoyahkan kepada orang lain.

2. Kebaikan Bunda Teresa

Bunda Teresa adalah birawati yang mendedikasikan hidupnya untuk melakukan kebaikan. Kebaikan birawati ini ditunjukkan dengan membukakan rumah dan menawarkan dukungan bagi orang sakit, tunawisma, yatim piatu, hingga mereka yang menderita kusta.

Princess Diana of Wales talks with Mother Teresa's second-in-charge, sister Lynne Frederick during her 45-minute visit to the home of the 81-year-old Nobel laureate in Calcutta on February 15, 1992. - The royal couple is on a six-day visit to the former British Empire colony, the Prince travelling today to Nepal for a private five-day trekking tour. Mother Teresa is in Rome recovering from heart trouble. (Photo by RAVEENDRAN / AFP)Princess Diana of Wales talks with Mother Teresa's second-in-charge, sister Lynne Frederick during her 45-minute visit to the home of the 81-year-old Nobel laureate in Calcutta on February 15, 1992. - The royal couple is on a six-day visit to the former British Empire colony, the Prince travelling today to Nepal for a private five-day trekking tour. Mother Teresa is in Rome recovering from heart trouble. (Photo by RAVEENDRAN / AFP) Foto: RAVEENDRAN / AFP

3. Operation Beautiful

Caitlin Boyle merasakan dirinya begitu negatif saat berada di toilet umum. Dari situ, Boyle mencari tahu cara mengatasi kebencian pada dirinya tersebut. Hingga terlintas untuk menempelkan pesan-pesan positif secara anonim di tempat-tempat umum, seperti "you are beautiful" "you can do it". Ribuan catatan yang telah di-posting di seluruh dunia ini menjadi program dengan sebutan Operation Beautiful. Program ini dikemas untuk menginspirasi manusia untuk merasa lebih baik tentang dirinya dan juga bisa menyampaikan pesan postif kepada orang lain.

4. Harold Lowe, Satu-satunya Awak Sekoci yang Kembali Saat Kapal Titanic Tenggelam

Harold Lowe, seorang perwira berusia 29 tahun adalah satu-satunya orang yang kembali ke lokasi kapal karam untuk menyelamatkan para korban. Meskipun ia takut apabila perahu yang ia tumpangi berakhir tenggelam, tetapi ia tetap membantu para korban untuk naik ke perahunya. Lowe segera mungkin menggerakkan kembali perahunya dan menyelamatkan sebanyak enam orang dari laut yang membeku.

Bangkai TitanicBangkai Titanic Foto: istimewa

5. Pesepak Bola Membeli Mainan Senilai USD 17.000 ntuk Anak Kurang Beruntung

Setiap hari natal Andrea Johnson menghabiskan ribuan dollar setiap tahunya. Membelikan mainan kepada anak-anak di panti asuhan atau Layanan Perlindungan Anak. Johnson memberikan waktu 80 detik kepada 12 anak untuk mengambil atau membeli mainan apapun yang mereka inginkan, dan tagihannya dibayarkan oleh Johnshon.

Sahabat Baik, sudah lihat kan betapa kebaikan kecil bisa mengubah dunia menjadi lebih baik. Jadi jangan pernah meremehkan kebaikan sekecil apapun karena kita tak pernah tahu seberapa berartinya kebaikan itu bagi orang lain.

Kamu pun bisa melakukan kebaikan melalui berbagai cara, contohnya mendermakan rezekimu untuk masyarakat papa. Kebaikan ini tidak menuntut jumlah nominal yang besar kok. Kamu bisa sisihkan 10 ribu saja untuk berdonasi melalui berbuatbaik.id.

Dengan menyisihkan 10 ribu saja bisa berikan kebahagiaan bagi mereka yang membutuhkan. Kenapa harus di berbuatbaik.id? sebab cuma platform ini yang bisa kamu andalkan karena donasi akan disalurkan 100% sampai ke penerima donasi. Jadi ayo mulai Donasi sekarang juga. Yuk mulai langkah kecil untuk kebaikan lebih besar.



Simak Video "Mengenang 25 Tahun Meninggalnya Putri Diana"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/eny)
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya