ADVERTISEMENT

TikTok Viral Verificator

Viral Remaja Ditinggal Ibu dan Rawat Ayah yang Stroke Sendirian Sejak Usia 5

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 12 Sep 2022 12:15 WIB
Kisah Amel yang merawat ayahnya sedang sakit stroke seorang diri viral di media sosial. Kisah anak usia 13 tahun merawat ayahnya yang sedang sakit stroke seorang diri dan ditinggal ibunya viral di media sosial. Foto: Dok. TikTok @gerryprayudi.
Malang -

Beredar viral video seorang remaja 13 tahun yang tengah tertawa seolah tak ada beban dalam hidupnya. Padahal sejak usia lima tahun dia hidup mandiri, merawat sang ayah yang sakit stroke seorang diri.

Kisah haru remaja tersebut viral setelah diunggah oleh akun TikTok @gerryprayudi. Ia membagikan kisah seorang anak yang bisa memberikan inspirasi agar lebih bersyukur.

"Namanya Amel (13) warga Desa Lebakharjo, Kabupaten Malang. Kisah hidupnya bikin kita jadi banyak-banyak bersyukur. Amel ditinggal pergi sang ibu entah ke mana, saat usia 3 tahun. Sejak usia 5 tahun Amel harus merawat ayahnya yang sakit stroke seorang diri," tulis keterangan TikTok @gerryprayudi.

Gerry merekam berbagai kegiatan Amel selama berada di rumah. Ia dengan sigap menolong dan merawat ayahnya yang sedang sakit stroke.

"Amel sudah terbiasa masak, mencuci baju, dan kerja bantu ayahnya di pantai sejak kecil. Amel 2 tahun putus sekolah September 2021 aku datang dan bujuk dia untuk sekolah lagi," ucap Gerry.

Gerry mengaku sudah membujuk Amel untuk bisa melanjutkan sekolah. Bujuk rayunya berhasil karena Amel akan kembali menempuh pendidikan.

"Kita beliin semua kebutuhan Amel dan akhirnya Amel mau sekolah lagi. Ini Amel janji sama kita bakal rajin sekolah," jelasnya haru.

Gerry kagum dengan kegigihan Amel yang tidak mengeluh dan tetap ceria meskipun sejak usia lima tahun sudah merawat ayahnya yang sakit seorang diri. Dalam unggahannya Gerry pun menuliskan meski Amel menjalani hidup yang berat, dia selalu tersenyum.

"Beberapa anak terlahir beruntung dibesarkan di tengah keluarga yang berkecukupan materi. Sebagiannya lagi lebih beruntung diberi hati dan tulang yang kuat untuk bisa berusaha sendiri ," ucapnya.

"Hidup Amel berat, tapi pundaknya jauh lebih kuat. Hatinya terluka, tapi wajahnya tersenyum manis ," tulis ketetangan video TikTok Gerry.

Kisah Amel yang merawat ayahnya sedang sakit stroke seorang diri viral di media sosial.Kisah Amel yang merawat ayahnya sedang sakit stroke seorang diri viral di media sosial. Foto: Dok. pribadi Gerry Prayudi.

Unggahan Gerry sudah ditonton lebih dari 4,5 juta Views dan mendapat 500 ribu Likes. Warganet rata-rata ikut terharu dan merasa kurang bersyukur dalam menjalani hidup.

"Aku benar-benar kurang bersyukur selama ini," ucap pengguna TikTok @Cah Gemblung.

"Berarti selama ini aku yang kurang bersyukur ," haru akun @kinara (sb cpr).

"Peluk jauh untuk adeknya. Semoga dewasa nanti bisa jadi orang sukses ," saut akun @chivan.

"Semangat terus ya adik, suatu saat nanti Allah akan mengangkat derajatmu menjadi orang yang sukses aamiin," ujar akun @tikatikaaa 12.

"Amel kamu hebat nak. Allah tahu pundak siapa yang paling kuat. semoga kelak kamu menjadi anak sukses. Aamiin," timpal akun@Bahagia Selalu.

@gerryprayudi Hidupnya Amel berat, tapi pundaknya jauh lebih kuat. Hatinya terluka, tapi wajahnya tersenyum manis 💚 #fyp ♬ suara asli - Gerry Prayudi


Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Gerry Prayudi yang mengunggah tentang kehidupan Amel. Ia menceritakan awal mula bertemu dengan remaja yang viral karena sejak usia lima tahun merawat ayahnya yang sakit seorang diri, sementara ibunya meninggalkan mereka.

"Jadi awal mula ketemu Amel itu sebenernya dari kegiatan sosial. Yayasanku kan kerjaannya bagi-bagi sembako. Waktu itu lagi bagi-bagi 50 paket sembako di 2 desa, salah satunya ke Desanya Amel di Lebakharjo," ungkap Gerry kepada Wolipop belum lama ini.

Gerry pertama kali bertemu dengan Amel pada 1 September 2021 dan pertemuan kedua pada 12 Agustus 2022. Amel tinggal di Desa di Lebakharjo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kisah Amel yang merawat ayahnya sedang sakit stroke seorang diri viral di media sosial.Foto Gerry bersama dengan Amel. Foto: Dok. pribadi Gerry Prayudi.

"Kita tetap ke Lebakharjo padahal itu jauh banget dan medannya susah karena dari awal ada polisi namanya Pak Dodi minta tolong ke kita. Ada anak putus sekolah yang hidupnya susah. Akhirnya tanggal 1 September 2021 pertama kali kita samperin Amel, anaknya lagi masak mie pas kita ke sana. Bapaknya stroke sudah nggak bisa ngomong dan susah jalan," ucap Gerry sedih.

Pria yang tinggal di Surakarta, Jawa Tengah ini mengaku mengajak Amel main saat mengunjunginya seperti terlihat dalam video unggahannya. "Di video aku nunjukin juga keseharian Amel, masak nyuci sama ngerawat bapaknya," tambahnya.

"Kalau aku pribadi ingin Amel bisa sekolah sampai lulus SMA, syukur-syukur ada donatur atau rezeki jadi bisa sampai kuliah dan bisa meraih cita-cita dia," pungkasnya.

Kisah Amel yang merawat ayahnya sedang sakit stroke seorang diri viral di media sosial.Kisah Amel yang merawat ayahnya sedang sakit stroke seorang diri viral di media sosial. Foto: Dok. pribadi Gerry Prayudi.
(gaf/eny)