Yuk Refleksi Diri, 5 Hal Ini Bisa Bantu Kamu Temukan Makna Hidup

Erika Dyah - wolipop Rabu, 22 Jun 2022 22:46 WIB
Ilustrasi Makna Hidup Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Refleksi diri bisa bantu kamu menemukan tujuan dalam menjalani hidup. Apalagi, buat kamu mulai bertanya-tanya soal tujuan masa depan saat sedang penat menjalani rutinitas sehari-hari.

Tanpa tujuan hidup yang jelas, pekerjaan hingga usahamu dalam mencari uang bisa saja terasa tak memiliki makna. Kamu juga berisiko mudah menyerah saat menghadapi tantangan tertentu dan sulit termotivasi saat tak memiliki tujuan atau impian yang jelas.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kamu untuk mulai mengetahui makna hidup. Apalagi hal ini bisa memberi pengaruh terhadap bagaimana caramu berpikir dan berperilaku. Ingin tahu cara apa saja yang bisa kamu lakukan untuk temukan makna hidup? Simak uraiannya berikut dari Cermati.

1. Identifikasi Nilai dan Karakteristik Diri yang Dimiliki

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengetahui makna hidup adalah mengidentifikasi nilai serta karakteristik diri yang dimiliki. Cari tahu perilaku atau aktivitas seperti apa yang mampu menumbuhkan motivasi, sekaligus menjadi panduan dalam memutuskan sesuatu.

Jika kamu mampu berperilaku sesuai nilai yang dimiliki, hidupmu akan terasa bermakna dan memiliki tujuan. Sebaliknya, akan muncul ketidakpuasan ketika perilaku yang dilakukan tak sesuai dengan karakteristik atau nilai diri yang dipegang.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu nilai yang dimiliki dalam dirimu agar bisa memahami makna hidup. Sebagai acuan, berikut adalah beberapa nilai diri yang penting untuk diketahui.

- Karier atau pekerjaan
- Agama atau spiritualitas
- Hubungan bersama keluarga
- Kesehatan
- Partisipasi dalam organisasi atau komunitas
- Hubungan sosial
- Pertumbuhan dan perkembangan pribadi
- Hubungan intim dan pasangan

Jika sudah mengetahui masing-masing nilai tersebut, pastikan untuk mengingat dan mempraktikannya dalam keseharian. Selain itu, pastikan juga nilai tersebut merupakan sesuatu yang benar-benar ada dalam diri, bukan suatu keinginan yang belum dimiliki saat ini.

2. Tumbuhkan Motivasi serta Semangat

Makna hidup juga bisa kamu temukan dengan menumbuhkan motivasi dan semangat dalam menjalaninya. Melalui motivasi, berbagai aktivitas pasti bisa dijalani dengan penuh semangat dari awal hingga akhir.

Agar tak kehabisan motivasi dan semangat dalam menjalani segala aktivitas, kamu bisa menjalin hubungan dengan individu yang mempunyai keinginan atau hasrat yang serupa. Selain itu, biasakan pula untuk membaca buku serta kata motivasi agar semangat dan motivasi tersebut terus membara.

3. Kembangkan Hubungan dan Relasi Bersama Orang Lain

Menjalin hubungan yang baik bersama orang lain menjadi salah satu hal penting untuk bisa mendapatkan makna hidup. Sebab, tak jarang seseorang menemukan makna hidup dari orang lain di dekatnya.

Rasa sayang dan kepedulian kepada orang lain dapat menjadi alasan untuk terus menjalani hidup dengan lebih bermakna. Di samping itu, pujian, bantuan, hingga dukungan yang diberikan oleh orang lain juga bisa menjadi cara agar bisa memaknai hidup dengan cara yang positif.

4. Fokus Terhadap Hubungan dan Tingkatkan Rasa Saling Memiliki

Selain memperluas hubungan dan relasi bersama orang lain, kamu juga harus bisa memfokuskan diri untuk memunculkan rasa kebersamaan dan rasa saling memiliki antar sesama. Sebagai contoh, berikan porsi perhatian lebih banyak kepada hubungan bersama anggota keluarga ketimbang dengan teman ataupun relasi kerja.

Meningkatkan hubungan pada orang-orang yang membuatmu merasa dimiliki akan membuat hidup terasa lebih bermakna. Jangan juga abaikan hubungan dengan orang lain hingga merasa tak butuh kehadiran atau bantuannya.

Intinya, berikan kadar perhatian dan fokus yang berbeda antara pihak yang benar-benar berarti dalam hidup Anda dengan orang yang hanya sebatas menjadi koneksi sosial di tempat kerja atau semacamnya tanpa mengacaukan hubungan antar sesama.

5. Kelola Pikiran dan Suasana Hati

Terakhir, kamu perlu mengelola pikiran dan suasana hati secara positif untuk bisa lebih memaknai hidup. Meski sedang terkena masalah atau dalam fase kehidupan yang menyulitkan, usahakanlah untuk berpikir dan berkata bijak dalam hidup. Serta menjalaninya dengan suasana hati yang baik.

Untuk mewujudkan semua hal tersebut, janganlah ragu beristirahat sejenak sembari meluangkan waktu untuk menjalani hobi, berkumpul bersama orang terdekat, maupun melakukan relaksasi diri. Jika hidup terasa begitu sulit hingga suasana hati sulit dikontrol, cobalah beranikan diri untuk meminta pertolongan dari psikiater ataupun psikolog sebelum terlambat. Sehingga, kondisi mental dan kesehatanmu tidak akan sampai terganggu dan berakibat fatal.

Menyadari Makna Hidup secara Positif

Itu dia 5 hal yang bisa bantu kamu temukan makna hidup untuk menjalani hari lebih berarti. Dengan memahami makna dan tujuan hidup secara positif, kamu juga bisa mendapatkan pola pikir dan perilaku yang positif juga loh!

Sebab, sadar atau tidak, makna hidup mampu memberi pengaruh terhadap cara seseorang berperilaku, bersikap, serta membentuk pola pikirnya. Oleh karena itu, kamu harus bisa memiliki makna hidup yang positif agar bisa menjalani kehidupan dengan cara yang positif pula.

(ads/ads)