Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Bikin Kamu Mudah Diterima Kerja

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 13 Apr 2022 13:30 WIB
Foto: Contoh Daftar Riwayat Hidup Foto: Contoh Daftar Riwayat Hidup
Jakarta -

Mungkin kamu sedang mencari referensi contoh daftar riwayat hidup untuk melamar kerja. Kamu perlu memahami contoh daftar riwayat hidup agar terlihat lebih menarik oleh para pemberi kerja.

Sayangnya, beberapa orang kurang memahami contoh daftar riwayat hidup yang tepat sehingga terlihat tidak menarik. Bahkan contoh daftar riwayat hidupmu mungkin hanya berakhir di antara tumpukan daftar riwayat hidup lainnya.

"Banyak orang meleset dari sasaran karena mereka menuliskan job desk dari pekerjaan sebelumnya tanpa memberitahukan hasil yang pernah dicapai," ujar Wendy Braitman selaku career coach bersertifikat di Randstad RiseSmart, seperti dilansir dari CNBC Make It.

Bagaimana agar daftar riwayat hidupmu bisa menarik para pemberi kerja? Berikut contoh daftar riwayat hidup serta saran dari ahli yang bisa kamu ikuti agar mudah mendapatkan pekerjaan:

1. Sesuaikan Contoh Daftar Riwayat Hidupmu

Kamu perlu menyesuaikan contoh daftar riwayat hidupmu agar sesuai deskripsi dari pekerjaan yang dilamar. Tunjukkan dampak dari kontribusimu pada perusahaan lama.

Wendy menyarankan agar menggunakan angka kuantitatif dalam contoh daftar riwayat hidupmu untuk menggambarkan hasil pekerjaan sebelumya. Mungkin sebelumnya, kamu berhasil menghemat waktu perusahaan, hemat budget, atau mencapai tujuan perusahaan yang perlu dituliskan dalam contoh daftar riwayat hidupmu.

Sebagai contoh, kalau kamu menghasilkan sejumlah laporan setiap minggu, hitunglah. Kemudian sebutkan berapa banyak orang yang menerimanya dan keputusan besar sebagai hasil analisismu.

Kalau job desk kamu berhadapan dengan orang lain maka tunjukkan dampaknya saat mampu mengubah hidup seseorang karena peranmu di perusahaan. Berbeda jika kamu membuat proses baru atau memperkenalkan vendor ke perusahaan agar pekerjaan lebih efisien, jelaskan dampaknya terhadap karyawan lain.

Contoh daftar riwayat hidup yang kuat bisa memposisikan dirimu mendapatkan tawaran gaji lebih tinggi dari umumnya. Kamu harus bisa mengubah contoh daftar riwayat hidupmu agar bisa lebih menarik para pemberli kerja.

Contoh Daftar Riwayat HidupContoh Daftar Riwayat Hidup Foto: Contoh Daftar Riwayat Hidup

2. Informasi Kontak Dalam Daftar Riwayat Hidup Harus Jelas

Ini merupakan salah satu hal penting dalam contoh daftar riwayat hidupmu. Informasi kontak dalam contoh daftar riwayat hidupmu harus jelas.

Menurut para pakar karier di Harvard, banyak orang tidak mencantumkan informasi kontak dengan jelas dalam contoh daftar riwayat hidup mereka. Selalu pastikan kamu menyertakan alamat e-mail, nomor telepon, akun media sosial, dan LinkedIn terbaru atau situs web lain yang membantu menampilkan profesionalitasmu.

Meski demikian, ada beberapa informasi pribadi yang tak perlu dijelaskan dalam contoh daftar riwayat hidupmu. Apa saja informasi pribadi yang tak perlu dimasukkan ke dalam contoh daftar riwayat hidupmu?

- Foto selfie. Jika terdapat dalam contoh daftar riwayat hidupmu maka bisa memberikan kesan kurang profesional dan bisa menimbulkan bias tanpa disadari.
- Usia atau jenis kelamin, cukup tanggal lahir. Tetaplah menjadi profesional dalam melampirkan contoh daftar riwayat hidupmu. Ini contoh daftar riwayat hidup bukan Tinder.

3. Gunakan Kata Kerja

Apa maksudnya gunakan kata kerja dalam contoh daftar riwayat hidup yang bisa menarik perhatian? Ingat, contoh daftar riwayat hidupmu adalah alat pemasaran. Kamu harus bisa memasarkan diri sendiri dengan bantuan kata kerja dalam contoh daftar riwayat hidupmu.

Tujuan kata kerja ini untuk menyampaikan informasi secara spesifik tentang apa yang telah kamu lakukan pada perusahaan sebelumnya. Berikut beberapa kata kerja dalam contoh daftar riwayat hidup yang bisa mempengaruhi hasil akhir.

Contoh Daftar Riwayat HidupContoh Daftar Riwayat Hidup Foto: Contoh Daftar Riwayat Hidup

- Leadership:

- Seri kuliah tamu terorganisasi menampilkan lebih dari 40 peneliti terkemuka di bidang kedokteran
- Kampanye media yang terkoordinasi untuk Facebook, Instagram, dan Snapchat
- LED lebih dari 20 proyek desain untuk organisasi nirlaba dan sosial di Indonesia, Meksiko, India, Zambia, dan Australia.

- Communication:

- Membuat laporan pengeluaran bulanan, triwulanan, dan tahunan kepada CEO
- Berkolaborasi dengan tim bisnis untuk merampingkan rencana strategi rilis produksi
- Implementasi langsung dari proyek teknologi senilai US$50 juta untuk 10 bandara utama Amerika (mendukung lebih dari 15 ribu karyawan); meningkatkan produktivitas sebesar 12%, dan mengurangi biaya bagasi yang hilang sebesar 8%.

- Teknis:

- Meluncurkan jaringan paging pertama di seluruh Indonesia; operasi terkelola dan dukungan pelanggan dengan tim yang terdiri dari 70 agen layanan pelanggan

- Menginstal sistem Macintosh untuk lebih dari 30 karyawan baru; melatih karyawan tentang penggunaan dan kebijakan komputer perusahaan.

- Organisasi:

- Mampu mengurangi waktu pengujian aplikasi sebesar 30% dengan mengotomatiskan fase pengujian yang lebih pendek
- Memantau anggaran IT tahunan sebesar US$1 miliar untuk 2012 dan 2013
- Menyiapkan aktivitas penjualan dan laporan kinerja serta mengurangi waktu respon hingga 50%.

Buat contoh daftar riwayat hidup dengan rapi dan menggunakan poin agar lebih jelas. KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk do's and don'ts merapikan contoh daftar riwayat hidup.

Selanjutnya
Halaman
1 2