10 Pertanyaan untuk Calon Babysitter, Ibu Wajib Interview Sebelum Mulai Kerja

Tim Haibunda - wolipop Kamis, 24 Mar 2022 17:00 WIB
Loving family happy mother and cute child girl holding hands talking sitting on sofa at home, caring elder sister mom baby sitter having friendly trust conversation with preschool little kid daughter Pertanyaan interview untuk babysitter. Foto: iStock
Jakarta -

Buat kamu para ibu yang sedang mencari babysitter atau pengasuh anak, sebaiknya lakukan wawancara dengan pelamar. Berikut 10 pertanyaan untuk calon babysitter.

Interview atau wawancara penting dilakukan agar ibu bisa mengetahui latar belakang dan kemampuan babysitter. Apalagi di masa sekarang ini ada banyak kasus babysitter yang membuat para ibu bergidik ngeri mulai dari bersikap kasar atau lebih parahnya melakukan pencurian.

Jika ibu mendapatkan babysitter dari yayasan atau tenaga perekrut, sebaiknya juga tidak langsung percaya begitu saja. Tetap lakukan interview untuk benar-benar mengetahui kepribadian sang babysitter.

"Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan titik awal untuk memahami siapa kandidat dan apakah mampu memenuhi harapan Bunda," kata Joseph Hoelscher, seorang pengacara pengelola dan pengacara kesejahteraan anak di Hoelscher Gebbia Cepeda PLLC, dikutip dari laman Romper.

Berikut 10 pertanyaan untuk calon babysitter yang bisa para ibu ajukan saat melakukan interview:

1. Sudah berapa lama menjadi pengasuh anak?

Dari semua pertanyaan, yang satu ini perlu berada di urutan teratas. Penting untuk mengetahui berapa lama calon pengasuh Si Kecil telah merawat anak-anak. Jika mereka tidak berpengalaman, mungkin akan menimbulkan kekhawatiran bagi ibu.

2. Mengapa tidak lagi bekerja di sana?

Mengetahui mengapa pengasuh meninggalkan pekerjaan mereka adalah sesuatu yang penting ibu ketahui karena memungkinkan kamu untuk mendapatkan beberapa wawasan tentang posisi sebelumnya.

3. Apa saja aktivitas anak yang diikuti bersama anak-anak sebelumnya?

Idealnya, kamu ingin mempekerjakan pengasuh yang akan berpartisipasi aktif dalam bermain dengan Si Kecil. Cari tahu aktivitas apa yang nyaman dilakukan pengasuh anak bersama Si Kecil. Misalnya seperti membantunya berlatih menulis, atau mewarnai.

4. Apakah terlatih untuk pertolongan pertama pada anak?

Memiliki pengasuh yang terlatih memberikan ibu ketenangan pikiran. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengetahui apakah pengasuh anak pernah berada dalam situasi seperti itu sebelumnya, dan yang lebih penting adalah bagaimana reaksi mereka terhadapnya.

5. Apakah bisa memasak?

Pengasuh perlu memiliki beberapa keterampilan dalam memasak untuk memastikan mereka menyiapkan makanan seimbang untuk Si Kecil.

KLIK DI SINI untuk mengetahui lima pertanyaan untuk calon babysitter lainnya.



Simak Video "Melihat Konsep Jawa Klasik untuk Pernikahan Ketua MK-Adik Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)