Kerja 2 Jam Sehari Dapat Rp 123 Juta Sebulan, Apa profesi Wanita Ini?

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 27 Jan 2022 07:26 WIB
Shannon Smith Shannon Smith mengaku cuma kerja 2 jam sehari tapi berpenghasilan Rp 123 juta sebulan. Foto: Dok. CNBC
Jakarta -

Banyak orang kehilangan profesi karena pandemi. Salah satunya adalah wanita bernama Shannon ini yang dulu bekerja sebagai pelayanan restoran sekaligus pelatih olahraga. Tidak bisa menjalani dua pekerjaannya, ia malah menemukan bisnis baru yang menghasilkan ratusan juta per bulan. Tak hanya cuan, ia bahkan hanya perlu kerja dua jam sehari. Apa profesinya?

Dalam kolom Make It di CNBC, Shannon Smith mengungkap kisah suksesnya justru ketika pandemi melanda. Setelah kehilangan dua pekerjaan, ia beralih untuk membuka bisnis yang sudah lama diimpikan. Wanita 24 tahun itu pun membuat program fitness 90 hari berisi rancangan olahraga dan makan.

Awalnya berjalan lancar, tapi Shannon malah berakhir merasa 'burn out' karena terlalu banyak bekerja. Setelah satu tahun, ia memutuskan untuk berpisah dengan rekannya lalu mencari cara lain untuk mencari uang. Ketika itu, ia menemukan profesi baru yakni affiliate marketers atau orang-orang yang mendapat komisi dari me-review barang.

Shannon mengaku awalnya skeptis dengan pekerjaan tersebut tapi berusaha untuk menjalaninya. Mulai Juli 2021, ia mulai menggunakan TikTok dan Instagram untuk mengunggah konten afiliasi. Wanita asal AS itu mengunggah beberapa konten selagi membagi tips dapat pekerjaan sampingan dan penghasilan pasif.

Perlahan ia pun mulai mendapatkan penghasilan pasif US$ 8.600 (Rp 123 jutaan) dari komisi konten-konten afiliasinya. Ia tentu senang karena bisa bekerja lebih sedikit tapi menghasilkan lebih banyak.

"Aku sekarang punya kebebasan yang selalu aku inginkan. Di usia 24, aku bisa pindah ke apartemen yang bagus di Kota New York, aku bisa sering bepergian, dan hidupku tidak lagi berkutat dengan pekerjaan," ujarnya.

"Kamu tidak perlu punya TikTok untuk membangun bisnis marketing afiliasi. Itu bisa lewat situs atau platform media sosial lain," kata Shannon.

Meski bisa dapat banyak uang dalam waktu cukup singkat, Shannon mengatakan jika sukses tak datang dalam semalam. Sebelumnya, ia punya cukup ilmu dan pengalaman dengan media sosial. Kamu yang ingin melakukannya juga disarankan untuk mencari strateginya terlebih dahulu, sesuaikan produk dengan minat atau hobi, membangun audiens sekaligus kemampuan marketing.

(ami/ami)