Hidup Mulai Normal, Ini 20 Hal yang Orang Belum Siap Hadapi Saat Corona Turun

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 20 Okt 2021 21:33 WIB
Young woman in disposable face mask taking dairy products from shelf in the supermarket, holding bottle and smartphone, scanning bar code on product through mobile phone, walking with trolley cart Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Meski belum sepenuhnya kembali normal, berbagai negara sudah mulai melonggarkan peraturan terkait virus Corona. Masyarakat sudah diperbolehkan beraktivitas di luar rumah asal tetap menaati protokol kesehatan. Apalagi dengan adanya vaksin dan tes COVID-19, perjalanan ke luar negeri bahkan semakin mudah.

Berbagai pihak menyambut baik kehidupan baru untuk berdampingan dengan virus Corona, terutama dari sisi ekonomi. Berlangsung hampir dua tahun tentu banyak orang sudah tidak sabar ingin menjalankan aktivitas dengan bebas. Tapi tak sedikit pula yang ternyata belum siap dengan hal-hal yang mereka biasanya lakukan sebelum pandemi.

Sebuah riset pun dilakukan mengenai kesiapan orang-orang dengan kehidupan normal pascapandemi. Hasil menunjukkan banyak yang kurang siap untuk menghadapi aktivitas-aktivitas biasa. Sebagian besar menganggap jika bepergian dan bertatap muka adalah sesuatu yang memberatkan.

"Kebanyakan hidup orang pada dasarnya sudah berubah selama 20 bulan belakangan dan dengan aktivitas seperti bepergian dan bertemu tatap muka tertunda, banyak yang sudah terbiasa menghabiskan waktu dengan orang-orang tercinta daripada sesuatu yang baru," kata Tara Foley, CEO AXA UK Retail Insurance yang melakukan survei.

"Dengan kembalinya kita ke beberapa aktivitas normal sebelum pandemi, riset kami menunjukkan bahwa aktivitas biasa menghalangi orang-orang memaksimalkan hidup mereka dan setengahnya ragu untuk kembali ke hal-hal yang menyusahkan sebelum pandemi," lanjutnya.

Karena itu, orang-orang diminta untuk memaksimalkan waktu 'bebas' mereka sebelum kehidupan benar-benar kembali normal. Berdasarkan survei kepada 5 ribu orang Inggris, berikut hal-hal yang belum siap dihadapi jika harus mulai hidup normal:

1. Macet Berjam-jam
2. Harus sering tes COVID-19
3. Lebih banyak menghabiskan uang di keseharian (misalnya untuk transportasi)
4. Lebih sering isi bensin
5. Mencari tempat parkir
6. Kurang waktu di rumah
7. Naik kendaraan
8. Menyambut orang datang ke rumah
9. Menghadiri acara-acara
10. Mengelola keuangan
11. Bertatap muka
12. Mengunjungi keluarga
13. Mengurus mobil
14. Meeting tatap muka di kantor
15. Lebih jarang melihat anak
16. Menghadiri banyak meeting
17. Mengantar/mengurus anak sekolah
18. Pergi ke gym karena tidak ada alasan lagi
19. Mengantar anak ke tempat les
20. Mengisi daya mobil

(ami/ami)