4 Manfaat Hidup Minimalis yang Bikin Hidup Lebih Bahagia

Alfi Kholisdinuka - wolipop Selasa, 05 Okt 2021 10:57 WIB
Ilustrasi Foto: Shutterstock
Jakarta -

Gaya hidup minimalis belakangan tengah menjadi tren bagi masyarakat urban. Konsep hidup yang berasal dari Negeri Sakura ini dianggap dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membuat hidup lebih bahagia karena keuangan yang kamu miliki bisa lebih sehat.

Pasalnya, gaya hidup yang mengadopsi prinsip 'less is more' ini menuntun seseorang untuk menerapkan konsep hidup yang sederhana dan tetap seimbang dalam memenuhi berbagai keperluan. Lantas apa sajakah manfaat dari menjalani gaya hidup minimalis ini?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 4 manfaat menjalani hidup minimalis yang bikin dompet terasa maksimalis.

1. Pikiran Jadi Lebih Sehat

Pernah nggak kamu merasa sumpek saat melihat barang-barang nggak kepakai menumpuk dan memenuhi sudut ruangan rumah hingga kamar. Hal ini bukti semakin banyak barang yang kamu miliki ternyata bukan malah memudahkan tapi sebaliknya menyusahkan.

Nah, dengan gaya hidup minimalis, kamu akan mencoba meminimalisir barang yang dibutuhkan saja. Hal ini akan membuat hidup jauh lebih tenang karena tak perlu memikirkan perawatan dan penyimpanan barang-barang yang tidak begitu penting sehingga pikiran juga menjadi sehat.

2. Tujuan Hidup Jadi Lebih Fokus

Saat pikiran menjadi lebih tenang dan sehat, tentu beban hidup juga jadi semakin berkurang. Momen tersebut bisa kamu manfaatkan untuk lebih fokus pada tujuan hidup seperti karir, finansial, pendidikan hingga keluarga. Sehingga banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan.

3. Punya Banyak Waktu Luang

Menerapkan prinsip hidup minimalis juga akan membuat waktu luang bertambah banyak. Sebagai contoh, jika hari minggu merupakan agenda rutin bersih-bersih rumah, tentu kamu bisa membersihkan rumah dengan cepat, karena tidak banyak barang-barang yang menumpuk sehingga rumah bisa tetap rapi.

Jadi waktu luang yang kamu miliki itu bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat positif dan bermanfaat bagi pengembangan diri. Seperti halnya belajar ilmu baru, mengikuti webinar, dan mencari tambahan pemasukan dengan belajar buka bisnis baru.

4. Keuangan Tetap Maksimalis

Gaya hidup minimalis yang menuntun untuk mengurangi barang-barang yang nggak kepakai juga akan mendorong kamu terbiasa hidup hemat. Hal ini tentu akan berdampak pada keuangan yang tetap sehat sehingga tidak banyak pengeluaran yang nggak perlu terjadi.

Alhasil gaji bulanan yang biasa dialokasikan untuk hal konsumtif bisa jadi lebih awet dengan dialihkan untuk dana investasi, deposito maupun nabung emas. Cara-cara seperti ini tentu akan membuat uang semakin bertumbuh dan juga keuangan tetap maksimalis.

Dompet Digital DANA Bebas BokekFoto: DANA

Itulah 4 manfaat menjalani gaya hidup minimalis, tertarik untuk mencobanya? Sebagai informasi, kamu yang tertarik menerapkan gaya hidup minimalis ini juga dapat memanfaatkan Dompet Digital DANA.

Pasalnya, fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi DANA mendukung kamu untuk hidup minimalis, misalnya saat melakukan top up hingga transfer semuanya gratis biaya admin sehingga membantu mengurangi pengeluaran.

Hal ini tentu membuat kamu semakin bisa menekan pengeluaran dan memakai uangmu untuk keperluan-keperluanmu yang lebih penting. Ditambah dengan promo-promo menarik di DANA, dijamin transaksimu bisa jadi Bebas Bokek & #BebasDrama di akhir bulan. Yuk download & pakai DANA sekarang!

(akd/eny)