Guru Bahasa Indonesia Ini Viral Setelah Ungkap Gajinya, Bikin Netizen Sedih

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 10 Sep 2021 18:00 WIB
Foto guru yang viral di media sosial. Foto: Dok. pribadi Bertaalpina.
Bandar Lampung -

Beredar viral postingan seorang guru yang memperlihatkan momen saat ingin mengambil dua bula gajinya. Dalam video tersebut terlihat dia memperoleh gaji Rp 410 ribu.

Kisah tersebut awalnya dibagikan oleh akun TikTok @brtlpn. Ia memperlihatkan rincian gaji yang ia dapatkan usai mengajar. Postingan tersebut langsung viral.

"Hari ini mau ke sekolah ngambil gaji 2 bulan. Mau lihat gaji guru honor negeri? Dengan jam kerja 2 hari dalam seminggu, ini dia gaji dua bulan," tulis akun TikTok @brtlpn.

@brtlpn

alhamdulillah 🔅##fyp

♬ original sound - ᴋ ᴀ ʀ ʟ ᴀ

Hingga Kamis (9/9/2021) video tersebut sudah ditonton lebih dari 1,3 juta Views, mendapat 81 ribu Likes dan 4.910 komentar. Warganet ada yang menanggapi gajinya dan memberikan dukungan untuk guru tersebut.

"Masya Allah semangat terus buat para guru 🥰," tutur akun @H Abdul Aziz.

"Saya juga guru honor, ternyata jadi guru itu bukan soal gaji, tapi keikhlasan dan hati yang tulus untuk mendidik anak bangsa. Semangat terus para pendidik 🥰," ucap akun @🌻🌻.

"Pemerintah tolong donk diperhatikan guru honorer. Jangan cuma bisa pakai tenaganya saja. Perhatikan kesejahteraannya walau itu cuma ikuti UMR atau UMK," saut akun @Riska ajah.

"Gaji di dunia mungkin kecil, tapi pahalanya lanjut terus hingga akhir zaman insya Allah. Terus semangat ya, pahlawan tanpa tanda jasa..Barakallah ♥️♥️," timpal akun @Mawar 🌹Mom of 5🌹.

"Pahlawan tanpa tanda jasa, sama kakak saya masih kuliah jurusan PGSD mohon doanya agar negeri ini cepat membaik," ujar @Ramli Oppo.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Bertaalpina yang mengunggah video viral tersebut di TikTok. Ia merupakan guru honorer untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Seni Budaya di Bandar Lampung. Berta menceritakan kisah di balik videonya tersebut.

"Sebenarnya dalam video tersebut saya hanya ingin menunjukkan besaran gaji seorang guru honorer negeri yang bekerja dua hari dalam seminggu. Rp 410.000/2 bulan dengan jam kerja 2 hari dalam seminggu," ungkap Berta kepada Wolipop, Rabu (8/9/2021).

Walaupun gaji yang diterima tak bisa mencukupi kebutuhannya, wanita 25 tahun itu mengungkapkan tetap bersyukur dengan gaji yang ia peroleh. "Alhamdulillah saya bersyukur dengan gaji yang saya terima. Karena menurut saya hal itu sesuai dengan jam kerja yang saya dapatkan dari sekolah," jelasnya.

Ketika mengajar pengalaman yang paling tak terlupakan baginya adalah saat bertemu dengan anak murid dan berinteraksi. Berta mengaku sangat menyukai anak-anak.

"Dengan mengajar kemudian berinterkasi dengan mereka itu pengalaman yang luar biasa. Mereka seperti mood boosters bagi saya. Satu lagi, saya senang bisa bercerita dan mendengar cerita mereka," lanjut Berta.

Bagi kamu yang berprofesi sebagai guru dan bernasib sama seperti dirinya, Berta memberikan semangatnya. "Untuk guru honor di seluruh Indonesia tetap semangat mengajar, mendidik anak Bangsa. Insya Allah lelah kita semua menjadi lillah. Aamiin," tutupnya.

(gaf/eny)