Kamu Sering Nggak Enakan Sama Orang Lain? Ini 5 Kerugiannya

Tim Beautynesia - wolipop Senin, 30 Agu 2021 18:37 WIB
Frustrated young woman keeping eyes closed and massaging nose while sitting at her working place in office Foto: Thinkstock
Jakarta -

Beberapa orang kerap merasa sulit menolak permintaan orang lain. Sifat 'nggak enakan' ini terkesan baik di mata orang lain, namun sebenarnya berdampak buruk untuk orang yang melakukannya.

Pastinya sifat tersebut dapat membawa beragam dampak negatif buat diri kamu sendiri. Terutama kesehatan mental kamu.

Apa saja kerugian jadi orang nggak enakan?

1. Mudah Dimanfaatkan Orang Lain

Memang menjadi bermanfaat untuk orang lain adalah hal yang baik, tetapi tidak selamanya hal tersebut baik untuk kedua belah pihak. Sifat kamu yang nggak enakan dapat menjadi sasaran empuk orang egois dan tidak tahu diri untuk memanfaatkan kebaikanmu. Karena mereka tahu kamu akan selalu bilang "iya" dan menuruti permintaan mereka tanpa penolakan.

2. Tidak Dapat Menolak Permintaan

Kamu tidak dapat berkat "tidak" terhadap segala sesuatu, karena kamu takut untuk menolak berbagai permintaan orang lain. Hal tersebut merupakan dampak yang paling familiar namun di samping itu sifat takut untuk menolak dapat menjadi efek buruk bagi diri kamu sendiri.

Jika kamu menolak permintaan bukan berarti kamu jahat, namun justru itu merupakan bukti bahwa kamu berpegang teguh pada pendirian kamu. Jadi jangan takut bilang "tidak" pada segala sesuatu yang memang seharusnya tidak dapat kamu terima.

3. Dipandang Remeh

Tidak jarang orang yang memiliki sifat nggak enakan dipandang remeh oleh orang lain, karena mereka tahu pasti kamu tidak akan pernah memberontak. Jadi, terkadang orang yang tidak tahu diri meremehkan kamu dan menganggap kecil perasaanmu. Tentunya hal tersebut bukanlah hal yang baik buat diri kamu sendiri, karena dengan membela diri bukan berarti kamu jahat.

Apalagi kerugian jadi orang 'nggak enakan'? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "STUDIO POP SHOW: SEASON 3 EPISODE-3"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)