Profil Pamela Ware, Atlet Loncat Indah yang Dapat Skor 0,0 di Olimpiade Tokyo

Hestianingsih - wolipop Jumat, 06 Agu 2021 16:05 WIB
Pamela Ware, atlet loncat indah Kanada Penyelam dan atlet loncat indah Pamela Ware. Foto: Instagram/@pamelaware1
Jakarta -

Atlet loncat indah Pamela Ware sempat jadi sorotan di Olimpiade Tokyo 2020 setelah mencetak skor 0,0 di laga semifinal 3 meter putri, Sabtu (31/7/2021). Atlet 28 tahun ini salah langkah saat melakukan pijakan sebelum melompat sehingga kakinya yang terlebih dahulu menyentuh kolam.

Skor 0,0 pun membuat diver asal Kanada ini gagal melaju ke final. Takut cedera menjadi alasan Pamela Ware mengabaikan semua strategi yang sudah direncanakan sebelumnya.

Terlepas dari insiden tersebut, karier Pamela Ware sebagai atlet loncat indah dan diver sebenarnya cukup cemerlang. Wanita yang belajar menyelam sejak usia 7 tahun ini pernah meraih medali perunggu di nomor loncat indah 3m beregu putri dalam Kejuaraan Dunia 2013.

Masih di kejuaraan yang sama, atlet 28 tahun ini juga sukses mendapatkan medali perunggu untuk loncat indah 3m perorangan putri. Prestasi gemilang kembali diraihnya dua tahun kemudian, di mana ia membawa pulang medali perak untuk nomor loncat indah 3m beregu putri Kejuaraan Dunia 2015.

Pamela Ware, atlet loncat indah asal Kanada.Pamela Ware, atlet loncat indah asal Kanada. Foto: Instagram/@pamelaware1

Berkat pencapaiannya tersebut, wanita dengan tinggi badan 161 cm ini dianugerahi Female Athlete of the Year oleh Aquatic Canada. Kemudian pada 2017, Pamela Ware mulai fokus meniti kariernya sebagai atlet loncat indah di nomor 3m perorangan putri dan memenangkan medali perunggu dalam kompetisi FINA World Cup 2018.

Namun dia kembali berkompetisi di nomor beregu saat tampil di Pan Am Games 2019 yang digelar di Lima. Bersama rekannya Jennifer Abel, Pamela Ware sukses merebut medali emas dalam nomor loncat indah 3m beregu putri.

Pamela Ware, atlet loncat indah KanadaPamela Ware, atlet loncat indah Kanada. Foto: Instagram @pamelaware

Wanita kelahiran Montreal, Quebec, ini lolos kualifikasi untuk mewakili negaranya di Olimpiade Tokyo 2020. Tiket ke pesta olahraga terbesar dunia itu ia dapatkan setelah berhasil finis urutan ke-7 saat berlaga di Kejuaraan Dunia 2019 dan menang trial pada Juni 2021.

Pamela Ware, atlet loncat indah KanadaPamela Ware, atlet loncat indah Kanada. Foto: Instagram @pamelaware

Ini merupakan kali kedua Pamela Ware berlaga di Olimpiade, yakni Rio dan Tokyo. Sayangnya penampilan kali ini belum berhasil mengesankan juri maupun pendukungnya. Namun kegagalan itu tak menyurutkan Pamela Ware untuk terus mengejar prestasi.

"Saya bangga karena telah melakukan segala cara untuk mencapai tempat sekarang dan saya manusia, saya bisa berbuat kesalahan," tuturnya dalam video yang diunggah di Instagram.

"Saya tidak akan kemana-mana, saya tidak akan menyerah. Kompetisi ini tidak mendefinisikan diriku dan saya tidak akan membiarkannya mengalahkanku," tutup Pamela Ware.

(hst/hst)