Curhat Barista Starbucks yang Merasa Jadi Robot Hingga Dipecat karena TikTok

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 31 Mei 2021 18:30 WIB
Gegara Tren TikTok, Barista Starbucks Pusing Layani Pesanan Kopi Super Detail Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect
Jakarta -

Semenjak pandemi semakin banyak orang mencoba dan mengunggah berbagai kuliner yang viral di media sosial. Selain makanan, kopi juga menjadi tren di kalangan anak muda baik yang dibuat sendiri maupun dipesan di kedai seperti Starbucks.

Di TikTok, tak sedikit pecinta kopi yang membagikan resep andalan mereka kemudian menginspirasi sesama netizen untuk memesan minuman yang sama. Meski mendatangkan orderan, ternyata hal ini tak selalu menyenangkan untuk baristanya.

Seorang barista kopi mengungkap opininya mengenai tren resep Starbucks di TikTok yang banyak menginspirasi netizen. Seorang pekerja Starbucks mengaku kesal hingga merasa seperti robot pembuat kopi karena rumitnya permintaan. Ia tampaknya sudah lelah membuat minuman dengan berbagai perubahan dan penambahan dibanding resep aslinya. Hal itu ternyata bisa sangat menyusahkan kerja mereka.

"Order-order ini membuat kami gila karena itu sangat panjang, sangat spesifik, dan membuat kami melakukan lebih banyak pekerjaan dari yang seharusnya untuk satu minuman dan mereka tidak berpengaruh kepada jam kerja kami," kata seorang supervisor Starbucks kepada Guardian.

kopi starbucks viralkopi starbucks viral Foto: Twitter

Karena tren resep kopi Starbucks di TikTok, seorang barista bahkan sampai dipecat. Pria bernama Josie Morales itu terpaksa diberhentikan dari pekerjaan karena mengunggah curhatan mengenai seorang pembeli yang memesan Venti Caramel Ribbon Crunch Frappuccino. Ia mengeluhkan betapa rumitnya resep minuman tersebut yang kemudian jadi viral dan sayangnya dianggap kurang pantas oleh perusahaan.

Josie mengaku jika awalnya ia hanya ingin memberi tahu pada netizen bahwa orderan resep kopi yang viral di media sosial bisa menyusahkan pekerjaan mereka. Ia tak menyangka jika cuitan tersebut akan membawanya sampai diberhentikan.

Dalam postingan yang sudah dihapus, Josie memperlihatkan betapa panjangnya bahan yang digunakan. Saking lelahnya, ia mengaku ingin keluar dari pekerjaan yang sayangnya terwujud tak lama kemudian. "On today's episode of why i wanna quit my job," tulisnya mengenai pemesan yang menambahkan 13 item pada minumannya.

(ami/ami)