Terungkap Aturan Mengejutkan yang Harus Ditaati Tentara Cantik Israel

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 18 Mei 2021 19:30 WIB
Tentara wanita Israel Foto: Instagram @idf
Jakarta -

Masih sering terlibat perang terutama dengan Palestina, Israel mewajibkan warganya untuk mengikuti wajib militer. Bukan hanya bagi pria, wanita pun tak luput dari aktivitas yang berlangsung selama dua tahun tersebut. Karena itu, Israel dikenal memiliki banyak tentara cantik yang mencuri perhatian. Di balik penampilan keren mereka, tentara wanita Israel dilaporkan harus menaati beberapa aturan mengejutkan.

Israel kembali jadi perhatian karena konfliknya dengan Palestina. Fakta mengenai para tentaranya pun kembali diperbincangkan. Beberapa waktu lalu muncul laporkan jika tentara wanita harus menaati aturan 'unik' karena alasan kesopanan. Mereka diminta untuk menjaga cara berpakaian karena banyaknya pria beragama Ultra-Orthobox yang masuk jadi tentara.

Hal tersebut disampaikan oleh Michal Gera Margaliot yang gencar memperjuangkan persamaan hak untuk wanita di Israel. Managing Director dari Israel Women's Network tersebut mengungkap jika tentara wanita diminta menjaga penampilan karena tentara pria.

Tentara wanita IsraelTentara wanita Israel Foto: Instagram @idf

"Ada banyak testimoni yang datang pada kami melalui hotline dari tentara wanita dalam setahun setengah terakhir dan membuktikan apa yang kita ketahui sejak lama. Para komandan di lapangan menyimpang dari aturan dan memaksakan aturan kesopanan aneh kepada tentara-tentara wanita dan mencegah mereka melakukan pekerjaan (dengan baik)," ungkapnya pada 2018.

Salah satu aturan yang dimaksud adalah mengenai pemakaian bra. Dikatakan jika tentara wanita dilarang untuk melepas bra saat latihan hingga tidur sekalipun.

"Ada jarak dua menit antara inspeksi di akhir jam tidur dan lampu dimatikan. Jika kita mencoba untuk melepas bra bahkan saat itu, jika kami tertangkap akan diberi peringatan," kata tentara wanita yang tergabung dalam Israel Defense Forces (IDF) atau Pasukan Pertahanan Israel dilansir Russia Today.

Aturan lain yang juga mengejutkan adalah larangan untuk tidak memakai kaus putih di pangkalan Shizafon dan pangkalan 80. Tentara wanita Israel juga dikabarkan diminta untuk tidak memakai celana pendek di atas lutut saat latihan untuk mencegah tentara pria terangsang.

Tentara wanita IsraelTentara wanita Israel Foto: Instagram @idf

"Sesaat setelah kamu melihat prajurit religius, kamu akan dihalangi. Mereka pernah meminta kami untuk memakai celana di atas legging jika ada pria-pria religius dalam unit tapi hanya beberapa yang melakukan. Mereka hanya akan melewatkan latihan saja,"

Meski ada testimoni-testimoni yang beredar, hal tersebut dibantah oleh seorang senior IDF. "Tidak ada larangan memakai kaus putih dan tidak ada kewajiban memakai celana di atas legging. Aturan berbusana yang sama diberlakukan pada wanita dan pria. Jika ada instruksi lain, ada pengecualian," katanya pada Haaretz.

Dalam IDF, memang ada sejumlah pria religius yang bergabung dalam program hesder yang menggabungkan ajaran Talmud modern dengan layanan militer. Dilaporkan jika banyak tentara religius komplain mengenai beberapa kelakuan tentara wanita, misalnya saat merokok dekat mereka. Laporan lain menyebutkan jika 'ketidaknyamanan' bukan hanya dirasakan pria religius sehingga dibuatlah aturan seperti itu.

(ami/ami)