Kata Dian Sastrowardoyo Andai Dirinya Terlahir Sebagai Laki-laki

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 28 Apr 2021 19:30 WIB
Dian Sastro di Acara Dari Kartini untuk Indonesia Dian Sastrowardoyo / Foto: Dari Kartini untuk Indonesia
Jakarta -

Melalui acara yang diselenggarakan oleh detikcom bersama Haibunda yang berjudul 'Dari Kartini untuk Indonesia', beberapa pejuang wanita yang inspiratif pun dihadirkan untuk membangkitkan semangat para wanita dan generasi muda. Salah satu narasumber yang terlihat hadir dalam acara tersebut adalah Dian Sastrowardoyo.

Dian Sastrowardoyo merupakan salah satu wanita inspiratif yang sukses menjadi seorang aktris dan juga model. Walaupun telah memiliki karier yang sukses namun ternyata menurut Dian kesuksesan tidak hanya sebatas dalam bidang karier saja, terutama bagi kaum wanita. Menurutnya kesuksesan bagi para wanita bisa diukur dari banyak aspek.

"Kalau zaman sekarang, perempuan zaman sekarang apakah definisi suksesnya itu dari karier ya, aku sih nggak selalu melihatnya kayak gitu ya," jelas wanita 39 tahun itu dalam acara virtual yang digelar pada Rabu (28/4/2021).

"Kesuksesan dalam hidup itu banyak loh. Bisa membahagiakan keluarga itu juga merupakan suatu kesuksesan. Jadi kayaknya kita harus mempunya definisi sukses kita sendiri. Jangan terlalu pakai ukuran eksternal atau ukurannya orang lain untuk mendefinisikan sukses kamu," tambahnya.

Dian sendiri mengakui bahwa kariernya saat ini mungkin tergolong sukses, namun hal itu belum tentu terjadi jika dirinya adalah seorang laki-laki. Bukan berarti dirinya tidak akan sukses jika menjadi seorang laki-laki, melainkan kesuksesan yang didapatkannya mungkin akan berbeda dari yang telah didapatkannya saat ini.

"Aku kalau lahir jadi laki-laki belum tentu juga sih kayaknya. Dan aku juga terus terang bisa sampai sini aja sebenarnya juga banyak nggak nyangkanya dan banyak merasa sangat beruntung dan sangat-sangat harus bersyukur banget. Karena kayaknya aku dilahirkan dan diberikan kesempatan itu di waktu disaat waktu itu tuh kayak film Indonesia baru bangkit, kayak gitu-gitu. Jadi timingnya juga kebetulan banget. Kalau aku laki-laki mungkin kesuksesan aku akan ada tetapi mungkin nggak sepublik ini. Tapi aku nggak tahu juga sih, nggak pernah sih soalnya jadi laki-laki," tutur Dian Sastrowardoyo.

Namun tetap, menurutnya semua itu kembali lagi pada usaha dan kerja keras masing-masing. Jika mau berusaha dan pantang menyerah, pasti setiap orang bisa memperoleh kesuksesannya.

"Tapi siapapun kita, baik laki-laki maupun perempuan, kalau kita orangnya terus bekerja keras dan berani memiliki cita-cita tinggi, aku rasa sebenarnya pasti selalu ada jalan untuk mencapai keberhasilan. Walaupun nggak selalu gampang, tapi nggak ada yang nggak mungkin kok," terang Dian Sastrowardoyo.

(vio/vio)