Studi Ungkap Berapa Banyak Teman yang Kamu Butuhkan untuk Jadi Sukses

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 27 Apr 2021 07:30 WIB
Multi ethnic group of professionals at a coworking office in a meeting discussing something looking focused Foto: iStock
Jakarta -

Seberapa suksesnya seseorang memang ditentukan oleh usaha masing-masing. Tapi kadang banyak faktor lain yang mendorong perkembangan karier, termasuk pertemanan. Hal tersebut disetujui oleh pakar antropologi dan 'hubungan matematika', Robin Dunbar. Ia percaya jika jumlah teman bisa mempengaruhi kesuksesan tapi jangan juga terlalu banyak.

Dalam buku terbarunya, Robin mengungkap pendapatnya mengenai berapa jumlah teman yang dibutuhkan untuk jadi sukses. Mengejutkan Robin menilai jika seseorang perlu membangun hubungan dengan banyak orang. Penulis 'Friends: Understanding the Power of our Most Important Relationships' tersebut mengatakan jika paling tidak kamu perlu tahu 150 orang.

Angka tersebut didasarkan pada studi bahwa di zaman dulu seseorang bisa mengenal 150 orang dari tempat kerja, desa, atau militer. Di zaman modern di mana orang hidup suka individual, tampaknya sulit memiliki begitu banyak kenalan. Robin mengatakan jika 150 orang tersebut bisa termasuk mereka yang kamu temui di pernikahan atau reuni sekolah.

Dari 150 orang yang kamu kenal, Robin menyarankan bahwa paling tidak kamu punya lima sahabat yang benar-benar bersedia mendonorkan ginjal mereka. Jika bisa kamu juga perlu 12 sampai 15 teman 'suportif' yang peduli jika kamu meninggal. Kemudian 50 teman baik untuk diundang ke pesta ulang tahun.

Mengapa banyaknya teman jadi sesuatu yang penting bagi kesuksesan? Seperti diketahui bersama jika semakin banyak kenal orang semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan kesempatan kerja atau paling tidak pertolongan. Tapi Robin juga tidak menyarankan untuk kamu berteman dengan semua atau sebanyak-banyaknya orang.

Teori Robin Dunbar didasarkan pada energi emosional untuk berhubungan dengan orang lain yang dimiliki setiap manusia. Hal tersebut membuat kebanyakan manusia memiliki jumlah teman yang kurang lebih sama. Jika berinteraksi dengan terlalu banyak orang, itu bisa menyebabkan burnout atau kelelahan karena seolah kita melonggar terlalu 'tipis'.

Selain mengenai kesuksesan, Robin juga mengungkap angka pertemanan ideal untuk aktivitas lainnya. Misalnya untuk berdiskusi, disarankan untuk mengundang empat orang jika ingin percakapan benar-benar bermakna tanpa terlalu banyak opini atau enam orang bila memang topiknya luas. Sedangkan untuk liburan, hindari pergi dengan lebih dari delapan orang anggota jika tak ingin akhirnya jadi pusing.

(ami/ami)