Hari Kartini 2021, Ini 12 Kata-kata Mutiara RA Kartini yang Inspiratif

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 21 Apr 2021 07:30 WIB
patung ra kartini di areal makamnya di rembang Kata-kata mutiara RA Kartini. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Jakarta -

Hari ini 21 April diperingati sebagai Hari Kartini 2021. Setiap tahunnya rakyat Indonesia memperingati hari lahir pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini sebagai momen emansipasi wanita.

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat yang merupakan tokoh emansipasi wanita lahir dari keluarga bangsawan. Darah bangsawan R.A. Kartini diperoleh dari garis keturunan ayahnya yang masih berkaitan dengan Sri Sultan Hamengkubuwono VI dan masih merupakan keturunan dari Kerjaan Majapahit.

R.A. Kartini lahir di Jepara pada 21 April 1879. Ayah R.A. Kartini adalah Bupati Jepara kala itu, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, sementara ibunya, MA Ngasirah, adalah seorang anak kiai di Jepara.

R.A. Kartini dinobatkan sebagai pahlawan nasional kemerdekaan Indonesia oleh Presiden Soekarno pada 1964. Semasa hidupnya Kartini sangat peduli pada pendidikan kaum pribumi, khususnya perempuan. Dia membangun sebuah sekolah khusus wanita di Rembang.

R.A. Kartini meninggal dunia pada usia 25 tahun dan dimakamkan di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang. Usai kematiannya, surat-surat Kartini dikumpulkan dan diterbitkan dalam sebuah buku berjudul 'Door Duisternis tot Licht' atau Habis Gelap Terbitlah Terang.

Dalam rangka Hari Kartini, berikut kata-kata mutiara Raden Ajeng Kartini yang bisa menjadi inspirasi kaum wanita agar terus semangat berjuang menjalani kehidupan ini:

Kata-kata mutiara RA KartiniKata-kata mutiara RA Kartini Foto: Dok. Detikcom

Kutipan tentang cinta dan kasih sayang dari Raden Ajeng Kartini:

1. Saat suatu hubungan berakhir, bukan berarti orang berhenti saling mencintai. Mereka hanya berhenti saling menyakiti

2. Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai.

3. Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia.

Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.Raden Ajeng Kartini

Pesan R.A. Kartini agar tak menyerah meraih mimpi:

4. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.

5. Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.

6. Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.

7. Tiada barang mustahil di dunia ini! Dan sesuatu barang yang hari ini kita teriak-teriakkan mustahil sama sekali, besok merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal!

8. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.

Kata-kata mutiara RA KartiniKata-kata mutiara RA Kartini Foto: Dok. Detikcom

Kutipan inspiratif Raden Ajeng Kartini untuk para wanita:

9. Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.

10. Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.

11. Dalam tangan anaklah terletak masa depan dan dalam tangan ibulah tergenggam anak yang merupakan masa depan itu.

12. Tahukah engkau semboyanku? 'Aku mau!' Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata 'Aku tiada dapat!' melenyapkan rasa berani. Kalimat 'Aku mau!' membuat kita mudah mendaki puncak gunung.

Itulah 12 kata-kata mutiara dari Raden Ajeng Kartini. Selamat memperingati Hari Kartini ladies.



Simak Video "Hari Kartini, Sri Mulyani: Perempuan Itu Pendidik Pertama"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)