Bikin Iri, CEO Ini Beri Bonus Pekerjanya yang Disuntik Vaksin COVID-19

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 31 Mar 2021 12:03 WIB
The doctor gives the vaccine against covid19 virus to a female patient Foto: Getty Images/bojanstory
Jakarta -

Sebelum vaksin diberikan secara merata, industri kerja tampaknya masih belum bisa pulih sepenuhnya. Untuk mendukung para pegawainya segera mendapat suntik COVID-19, seorang CEO memberikan motivasi dalam bentuk nyata. Mereka yang mau divaksin akan diberikan bonus uang. Langkah bos Bolthouse Farms itu pun sukses bikin iri para pekerja.

Tak perlu diminta pun banyak orang ingin segera mendapat vaksin agar lebih aman untuk mulai menjalani kehidupan normal. Tapi tampaknya CEO Bolthouse Farms, Jeff Dunn, ingin mendorong para pekerja dengan cara yang lebih memotivasi daripada sekadar suruhan. Diakui Jeff jika banyak orang yang terkejut dengan langkahnya memberi bonus $500 atau sekitar Rp 7,3 jutaan untuk pegawai yang suntik vaksin.

Bolthouse FarmsCEO Bolthouse Farms Foto: Dok. Bolthouse Farms via CNBC

"Beberapa kompetitor dan pihak-pihak lain di (San Joaquin Valley) menelepon untuk menanyakan tentang itu, karena aku pikir semua orang bergelut dengan bagaimana cara memotivasi. Tidak ada yang ingin diberi mandat. Memberi insentif orang-orang untuk divaksin sudah jelas hal yang tepat dilakukan dan memberi pesan yang benar," katanya dilansir CNBC.

Perusahaan pertanian yang memproduksi minuman dan bahan makanan itu sejauh ini sudah memvaksin lebih dari seribu pekerjanya. Bolthouse Farms pun memiliki klinik vaksinasinya sendiri. Tak hanya bisa mendapat bonus karena sudah suntik vaksin Corona, para pegawai tidak perlu susah-susah mendapatkannya atau menunggu giliran.

Selain memotivasi para pegawai dan mencegah penyebaran virus Corona, alasan lain Jeff Dunn memberi insentif dan vaksin adalah karena 80% pekerjanya di ladang adalah warga Hispanik. Berdasarkan data, Hispanik dan Latino Amerika adalah golongan yang rentan terkena COVID-19 dibanding kulit putih. Tapi di sisi lain, mereka juga paling skeptis mengenai vaksin.

Bolthouse FarmsVaksin di Bolthouse Farms Foto: Dok. Bolthouse Farms via CNBC

Dan meski mendorong dengan cara yang sangat memotivasi, Jeff Dunn mengaku tidak memaksa semua pekerja untuk divaksin. "Kami percaya bahwa menyuruh dan memaksakannya adalah sebuah kesalahan karena kamu hanya akan mendapat perlawanan," katanya.

Langkah Jeff Dunn sebagai bos di pandemi Corona mendapat banyak pujian. Karena selain memberikan bonus uang, ia juga secara rutin menghadiahkan uang $100 atau Rp 1,5 jutaan setiap minggu untuk membantu pekerja di masa-masa sulit ini.

(ami/ami)