Lowongan Kerja Asisten Ini Dikritik, Kualifikasinya Kayak Cari Sugar Baby

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 13 Mar 2021 11:00 WIB
The hand of a young woman working at remote work Foto: iStock
Jakarta -

Umumnya dalam sebuah lowongan pekerjaan keterangan kualifikasi dari calon pelamar yang dicari untuk mengisi lowongan memang sangat diperlukan. Tapi tentunya kualifikasi itu haruslah sesuai dengan posisi yang tengah dibutuhkan. Namun tidak demikian halnya dengan lowongan pekerjaan di Malaysia yang satu ini.

Seperti dikutip dari Asia One, sebuah lowongan pekerjaan sebagai asisten hukum mendadak viral dan mendapat banyak kritikan. Sebenarnya jika dilihat sekilas, tidak ada yang salah dalam lowongan pekerjaan tersebut. Tapi jika diperhatikan, kamu pasti akan melihat keterangan kualifikasi yang tidak umum yang terdapat di dalam lowongan pekerjaan tersebut.

Menurut keterangan, perusahaan hukum yang tidak disebutkan namanya itu tengah mencari seorang asisten untuk membantu menyiapkan dokumen hukum untuk litigasi dan penyampaian kasus. Pada salah satu kualifikasinya tertulis bahwa calon pelamar harus berjenis kelamin perempuan dan memiliki penampilan yang menarik.

Salah seorang netizen yang merasa kesal kemudian membawanya ke Facebook. Dalam unggahannya itu, akun Facebook Aidil Khalid terlihat menyamakan kualifikasi lowongan pekerjaan asisten itu dengan lowongan pekerjaan sebagai sugar baby. Unggahannya itu kemudian menjadi viral dan telah dibagikan sebanyak lebih dari seribu kali.

"Apa punya iklan kerja daaaaa. Requirement: 'female only & good looking'.
Seriously?
Nak cari legal asistant ke nak cari sugar baby?" tulisnya di Facebook.

Apa punya iklan kerja daaaaa. Requirement: "female only & good looking". Seriously? Nak cari legal asistant ke nak...

Dikirim oleh Aidil Khalid pada Senin, 08 Maret 2021

Tak sedikit netizen yang kemudian memberikan komentar di unggahan Facebook tersebut. Beberapa menyebut jika lowongan pekerjaan itu merupakan seksisme.

Komentar netizen mengenai lowongan kerja yang viralKomentar netizen mengenai lowongan kerja yang viral Foto: Facebook

"Bualan macam apa ini? Seksisme di level lainnya," komentar salah seorang netizen.

"Perusahaan hukum atau agensi model," tambah netizen lain.

"Wow boss menemukan sugar baby," komentar netizen lainnya.

(vio/vio)