7 Bintang TikTok Berpenghasilan Tertinggi di 2020

Hestianingsih - wolipop Selasa, 27 Okt 2020 19:30 WIB
Bintang TikTok berpenghasilan tertinggi Foto: Joe Scarnici/Getty Images
Jakarta -

TikTok kini menjadi platform yang diperhitungkan untuk berpromosi di samping media sosial populer lainnya seperti Instagram, YouTube dan Twitter. Tren ini pun turut mengorbitkan bintang-bintang baru yang meraih pundi-pundi uang dari konten berbayar di TikTok.

Beberapa dari mereka sukses jadi selebriti dan dikenal masyarakat luas. Belum lama ini pun Forbes merilis daftar bintang TikTok berpenghasilan tertinggi di 2020.

Untuk mendapatkan daftar tersebut, Forbes melacak pendapatan mereka dalam 12 bulan dari Juni 2019 - Juni 2020. Ini dia bintang TikTok dengan penghasilan tertinggi yang bukan berasal dari kalangan selebriti.

1. Addison Rae Easterling

Bintang TikTok berpenghasilan tertinggiAddison Rae Esterling, salah satu bintang TikTok berpenghasilan tertinggi. Foto: Instagram

Addison memiliki 64,6 juta follower di TikTok dengan penghasilan per tahun mencapai USD 5 juta atau sekitar Rp 73 miliar. Ia membuat akun TikTok pada Juli 2019 dan menggunakan platform berbasis video tersebut untuk menampilkan kebolehannya berdansa.

Hanya dalam waktu tiga bulan, Addison sudah memiliki satu juta follower dan jumlahnya terus bertambah. Pada Desember 2019, dia memutuskan bahwa menjadi selebriti adalah jalan hidupnya dan keluar dari kampusnya di Louisiana State University untuk meniti karier di Los Angeles. Keputusannya berbuah manis. Per Juli 2020, dia menjadi model iklan untuk brand American Eagle dan mendapatkan penghasilan dari konten promosi di TikTok, iklan cetak sampai iklan TV.

2. Charli D'Amelio

Bintang TikTok berpenghasilan tertinggiCharli D'Amelio, salah satu bintang TikTok berpenghasilan tertinggi. Foto: Instagram

Mulai join TikTok pada Juni 2019, follower Charli kini sudah berjumlah 92,6 juta. Forbes mencatat penghasilannya sepanjang tahun ini mencapai USD 4 juta atau sekitar Rp 58,6 miliar.

Charli juga terkenal berkat konten musik dan dansa yang selalu jadi viral. Berkat konten kreatifnya tersebut, ia pernah diundang Bebe Rexha untuk jadi salah satu penari latar saat membuka konser The Jonar Brohers di Barclay Center, Brooklyn. Remaja 16 tahun ini juga mendapatkan kontrak kerja sama dengan sejumlah brand seperti Hollister dan Morphe Cosmetics.

3. Dixie D'Amelio

Bintang TikTok berpenghasilan tertinggiDixie D'Amelio, salah satu bintang TikTok berpenghasilan tertinggi. Foto: Instagram

Dixie adalah kakak dari Charli D'Amelio yang juga bintang TikTok. Follower-nya berjumlah 40,5 juta dan penghasilannya USD 2,9 juta atau sekitar Rp 42,5 miliar.

Dari video 'iseng-iseng' di TikTok, kini wanita asal Connecticut tersebut sudah merilis single sendiri berjudul 'Be Happy' pada Juni 2020. Bahkan lagunya berhasil debut di nomor satu tangga lagu Billboard Top Triller Amerika Serikat.

4. Loren Gray

Bintang TikTok berpenghasilan tertinggiLoren Gray, salah satu bintang TikTok berpenghasilan tertinggi. Foto: Instagram

Loren Gray merupakan bintang TikTok dengan 48,2 juta follower dan penghasilan per tahun mencapai USD 2,6 juta atau sekitar Rp 38,1 juta. Sebelum jadi selebriti media sosial, Loren sempat berada di bawah naungan beberapa agensi bakat yang tak juga membawanya kepada ketenaran.

Sampai akhirnya Loren memutuskan untuk jalan sendiri dan menemukan apa yang benar-benar diinginkannya sebagai artis. Konten TikTok membuatnya didapuk jadi model untuk Skechers, Hyndai, dan Burger King. Dia juga menjadi kreator konten untuk Revlon.

5. Josh Richards

Bintang TikTok berpenghasilan tertinggiJosh Richards, salah satu bintang TikTok berpenghasilan tertinggi. Foto: Instagram

Josh Richards terkenal di TikTok karena kepiawaiannya cover lagu dan menari. Dia juga sering mengunggah video lip-sync yang menjadikannya viral dan mendapatkan follower hingga 22,4 juta. Pendapatan Josh kini mencapai USD 1,5 juta atau sekitar Rp 21,9 miliar.

Popularitas di TikTok membuat Reebok mendapuknya untuk bekerjasama. Dia juga menjalin kerja sama dengan Warner Records dalam peluncuran lagu. Selain aktif jadi bintang TikTok, Josh pun disibukkan dengan bisnis minuman energi yang didirikannya sendiri serta perusahaan manajemen TalentX.

6. Michael Le

Bintang TikTok berpenghasilan tertinggiMichael Le dan adiknya Jonathan, salah satu bintang TikTok berpenghasilan tertinggi. Foto: Instagram

Influencer TikTok berdarah Asia ini memiliki 40,7 juta follower dan penghasilannya mencapai USD 1,2 juta atau sekitar Rp 17,5 miliar. Saat ino Michael tinggal di rumah seluas 836 meter per segi bersama empat kreator konten lainnya yang diberi nama Shluv House.

Konten Michael Le makin disukai dan menarik perhatian netizen karena dia sering mengajak Jonathan, adiknya yang berusia lima tahun untuk ikut beraksi di video TikTok. Saat ini Michael terikat kontrak kerja sama dengan minuman energi Bang dan ingin memulai kariernya sebagai bintang YouTube.

7. Spencer X

Bintang TikTok berpenghasilan tertinggiSpencer X, salah satu bintang TikTok berpenghasilan tertinggi. Foto: Instagram

Spencer X dikenal sebagai beatboxer dan memiliki 45,8 juta follower sejak bergabung dengan TikTok pada Februari 2019. Pendapatannya tahun ini berkisar USD 1,2 juta atau sekitar Rp 17,5 miliar. Spencer X didapuk sejumlah brand ternama sebagai kreator konten untuk Oreo, Uno dan Sony.

(hst/hst)